Logo Bloomberg Technoz

Inflasi Singapura Melambat di Bawah 3% Pertama Kalinya Sejak 2022

News
23 July 2024 12:45

Pasar di Singapura. (Dok: Bloomberg)
Pasar di Singapura. (Dok: Bloomberg)

 Cynthia Li - Bloomberg News

Bloomberg, Inflasi inti Singapura melambat lebih dari yang diperkirakan pada Juni, memberikan ruang bagi bank sentral untuk fokus melindungi ekonomi yang bergantung pada perdagangan dari guncangan global.

Harga inti, yang tidak termasuk biaya transportasi dan akomodasi pribadi mencapai 2,9% di Juni dari tahun lalu, menurut pernyataan dari Otoritas Moneter Singapura (MAS) dan Kementerian Perdagangan dan Industri pada Selasa (23/7/2024). Angka tersebut--level yang terakhir terlihat pada Maret 2022--lebih lambat dari estimasi median 3% dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom.

Inflasi semua barang melambat menjadi 2,4% setelah mencetak 3,1% di Mei. Perlambatan ini didorong oleh kenaikan yang lebih lemah dalam transportasi pribadi dan biaya perawatan kesehatan. Pada basis bulan ke bulan, indikator utama turun 0,2% dari kenaikan 0,7% di bulan sebelumnya.

Inflasi Singapura. (Dok: Bloomberg)

Kenaikan harga yang melambat memberi ruang bagi para pembuat kebijakan untuk mempertahankan pengaturan moneter yang kondusif untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik.