Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Bertemu Pejabat World Bank, Ini Isu yang Dibahas

Redaksi
23 July 2024 12:02

Kantor pusat World Bank Group saat pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Washington, DC, AS (Samuel Corum/Bloomberg)
Kantor pusat World Bank Group saat pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Washington, DC, AS (Samuel Corum/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menerima kunjungan kerja Managing Director of Operations World Bank (Bank Dunia) Anna Bjerde di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (22/7). Keduanya mendiskusikan sejumlah isu, terutama terkait instrumen dan pendanaan baru untuk isu publik global seperti perubahan iklim.

“Kami mendiskusikan mengenai berbagai isu seperti penyederhanaan prosedur di internal Bank, Pricing, New instrument and funding for global public goods seperti climate change dan upaya Bank Dunia memperbaiki operasi terintegrasi dengan IFC dan MIGA,” ujar Sri Mulyani dalam keterangan tertulis, Selasa (23/7/2024).

IFC atau International Finance Corporation merupakan merupakan lembaga pembangunan global yang tercakup dalam Grup Bank Dunia serta berfokus secara eksklusif pada sektor swasta.

Sementara itu, MIGA atau Multilateral Investment Guarantee Agency merupakan lembaga di bawah Grup Bank Dunia yang memiliki mandat untuk mempromosikan investasi lintas batas di negara-negara berkembang dengan memberikan jaminan (asuransi risiko politik dan peningkatan kredit) kepada investor dan pemberi pinjaman.

Tak hanya berdiskusi, menurut Sri Mulyani, kunjungan Anna ke Indonesia juga untuk meninjau dua proyek nasional, yaitu proyek irigasi untuk agrikultur dan program pengetasan stunting.