Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Sebut Supres Pengganti Hasyim Asy'ari Segera Rampung

Mis Fransiska Dewi
23 July 2024 12:30

Kronologi dan Profil Hasyim Asy'ari yang Dipecat Kasus Asusila
Kronologi dan Profil Hasyim Asy'ari yang Dipecat Kasus Asusila

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap, surat presiden (supres) tentang pengganti Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari akan segera selesai. Saat ini, kata dia, proses penyelesaian administrasi tengah dilakukan untuk kemudian dikirimkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Itu kan proses administrasi. Kalau sudah selesai rampung akan kami percepat,” kata Jokowi dikutip dari video Sekretariat Presiden, Selasa (23/7/2024). 

Namun, dia tak bisa memastikan kapan supres pemilihan satu anggota KPU baru tersebut akan selesai dan dikirim ke DPR. Begitu pun dengan nama kandidat pengganti Hasyim Asy’ari. 

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia sebelumnya mengungkapkan, nantinya surat tersebut diproses oleh DPR melalui pimpinan lalu meneruskannya menjadi agenda di rapat paripurna DPR. 

“Karena sekarang masa reses dan ini urgent, bisa saja sebetulnya pimpinan menyepakati kemudian mengkomunikasi kepada ketua fraksi sebagai perwakilan representasi dari rapat bamus [badan musyawarah], kemudian rapat  itu menyerahkan kepada komisi II,” kata Doli di Kantor DPP Golkar, Kamis (18/7/2024).