Logo Bloomberg Technoz

CNN melaporkan bahwa kedua pemimpin Partai Demokrat tersebut diperkirakan akan mendukung Harris secepatnya hari ini.

Dukungan Pelosi merupakan tanda terbaru bahwa Harris berada di jalur yang tepat untuk mengunci nominasi Partai Demokrat menjelang Konvensi Nasional Partai Demokrat pada 19 Agustus di Chicago. Dick Durbin, pemimpin Demokrat peringkat kedua di Senat, mendukung Harris pada Senin pagi, seperti halnya para wakil Jeffries di DPR.

Para gubernur dan anggota parlemen dari Partai Demokrat yang tadinya dianggap sebagai penantang potensial--seperti gubernur populer Gretchen Whitmer dari Michigan, Josh Shapiro dari Pennsylvania, Gavin Newsom dari California, dan Andy Beshear dari Kentucky--dengan cepat berada di belakang Harris setelah Biden memberikan dukungan kepadanya pada Minggu.

Sejarah Panjang

Pelosi--wanita pertama dan satu-satunya yang pernah menjadi Ketua DPR AS--dan Harris berasal dari wilayah Teluk California dan telah saling mengenal selama bertahun-tahun.

Pelosi bekerja di belakang layar untuk mendorong dan membimbing anggota parlemen dari Partai Demokrat ketika mereka menekan Presiden Joe Biden untuk membatalkan pencalonan kembali setelah penampilan debat yang buruk dari pria berusia 81 tahun itu menimbulkan kekhawatiran tentang ketajaman mentalnya dan kemampuannya untuk memenangkan masa jabatan berikutnya.

Pelosi, 84 tahun, mengundurkan diri dari jabatan Ketua DPR AS pada tahun 2022, dengan alasan ia ingin membuka jalan bagi generasi baru para pemimpin legislatif dari Partai Demokrat. Perannya dalam upaya yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengubah calon presiden hanya beberapa minggu sebelum konvensi nasional partai mencerminkan prestise dan pengaruhnya yang terus berlanjut di antara para anggota DPR dari Partai Demokrat.

Pelosi pada awalnya mengatakan kepada para koleganya bahwa ia lebih menyukai proses terbuka untuk memilih penerus Biden sebagai calon presiden AS dari Partai Demokrat. Meskipun Pelosi dan Harris naik ke kursi kepresidenan melalui San Fransisco, keduanya memiliki hubungan politik yang jauh, yang berasal dari kalangan yang berbeda di kota yang penuh dengan politikus Demokrat.

Pelosi adalah pendukung yang antusias terhadap Gubernur California saat ini, Gavin Newsom, di awal kariernya, ketika ia dan Harris terkadang dipandang sebagai rival. Newsom juga disebut-sebut sebagai calon presiden alternatif potensial dari Partai Demokrat.

Dukungan publik Pelosi untuk Harris terkadang kurang hangat. Dalam sebuah wawancara CNN tahun 2023, Pelosi menangkis pertanyaan dari pewawancara Anderson Cooper tentang apakah Harris adalah "wanita terbaik untuk pekerjaan itu" dan dia menjawab bahwa selama Biden menganggap Harris sebagai wanita terbaik untuk pekerjaan itu, "itulah yang penting." Namun, ia menambahkan, "orang-orang tidak boleh meremehkan apa yang dibawa oleh Kamala Harris."

(bbn)

No more pages