Logo Bloomberg Technoz

Pendiri Kakao Ditangkap atas Kasus Manipulasi Saham SM

News
23 July 2024 08:10

Pendiri Kakao Corp Brian Kim. (Fotografer: SeongJoon Cho/Bloomberg)
Pendiri Kakao Corp Brian Kim. (Fotografer: SeongJoon Cho/Bloomberg)

Yoolim Lee, Sohee Kim dan Eunkyung Seo - Bloomberg News

Bloomberg, Pihak berwenang Korea Selatan telah mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap pendiri Kakao Corp, Brian Kim, atas tuduhan manipulasi pasar, yang menjadikannya sebagai tokoh bisnis paling terkemuka di negara tersebut yang akan dipenjara dalam beberapa tahun terakhir.

Pengadilan Distrik Selatan Seoul mengeluarkan surat perintah penangkapan pengusaha internet berusia 58 tahun ini, dengan alasan "kekhawatiran akan penghancuran bukti dan pelarian."

Kim, yang dikenal karena menciptakan platform perpesanan dan media sosial yang menghubungkan layanan online mulai dari perbankan hingga webtoon, menghadapi tuduhan bahwa ia terlibat dalam skema kecurangan saham saat pengambilalihan SM Entertainment Co yang menjadi sorotan publik pada tahun 2023.

Kakao memenangkan saham pengendali di SM setelah pertarungan penawaran yang ketat dengan Hybe Co, label di balik boyband BTS. Regulator keuangan sejak itu menuduh para eksekutif di Kakao dan unit Kakao Entertainment Corp membeli 240 miliar won (US$173 juta) saham SM pada saat itu, untuk mengganggu penawaran Hybe.