Logo Bloomberg Technoz

AS Desak Meksiko Naikkan Produksi Cip dalam 2 Tahun

News
23 July 2024 07:40

Ilustrasi chip (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi chip (Sumber: Bloomberg)

Maya Averbuch - Bloomberg News

Bloomberg, Meksiko diminta meningkatkan investasi di industri semikonduktor dalam dua tahun ke depan guna menghindari kalah saing dengan negara-negara kompetitor, dengan jaminan bahwa perusahaan akan memiliki cukup air dan energi, kata seorang pejabat tinggi bantuan Amerika Serikat (AS) di Meksiko.

Negara-negara bagian di Meksiko utara dan tengah yang telah memiliki produksi elektronik dinilai punya kemampuan terbaik untuk menerima investasi baru di sektor ini dalam jangka pendek, dengan Meksiko diposisikan untuk berpartisipasi dalam bidang rantai produksi yang berbiaya lebih rendah termasuk pengujian dan perakitan, kata Jene Thomas , Direktur Misi USAID di Meksiko.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bertemu dengan rekan-rekannya dari berbagai negara termasuk Meksiko untuk mendorong Amerika Latin meningkatkan perannya dalam industri cip.

“Persaingan sedang berlangsung – itulah yang terjadi – dan nearshoring bukan hanya tentang Meksiko: Kosta Rika, Panama juga sangat dekat dengan AS dan memiliki perkembangan serta pengalaman serupa yang memungkinkan mereka untuk bersaing di pasar ini,” kata Thomas dalam wawancara hari Senin di Mexico City.