Logo Bloomberg Technoz

Buronan Kasus 1MDB Dituntut Serahkan Trio Berlian 'Flawless'

News
23 July 2024 07:20

Low Taek Jho./Bloomberg-Michael Loccisano
Low Taek Jho./Bloomberg-Michael Loccisano

Patricia Hurtado - Bloomberg News

Bloomberg, Low Taek Jho, terduga otak penggelapan dana negara Malaysia atau 1Malaysia Development Berhad (1MDB), diperintahkan menyerahkan tiga berlian "Flawless" yang dibeli untuk ibunya dari desainer permata langganan pesohor dunia seperti Adele dan Beyoncé. 

Seorang hakim federal Los Angeles pada Senin (22/24/2024) memerintahkan buronan asal Malaysia yang juga dikenal sebagai Jho Low tersebut untuk menyerahkan cincin berlian 7,35 karat dan sepasang anting berkarat lebih dari 3. Cincin itu dihargai sekitar US$1,17 juta sementara anting berharga US$628 ribu. 

Kesaksian persidangan kasus ini di Amerika Serikat (AS) mengungkap bahwa ketiga berlian itu dirancang oleh Lorraine Scwartz ,yang juga membuat kalung bermata berlian merah muda seharga US$23 juta. Jaksa penuntut mengatakan berlian ini diserahkan secara langsung oleh Schwartz ke Rosmah Manson, istri mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. 

Hakim Wilayah AS di Los Angeles Dale Fischer menyebut berlian itu adalah hadiah dari Low untuk ibunya Evelyn dan memutuskan bahwa benda itu merupakan "hasil kejahatan" dari penggelapan dana 1MDB. 
 
Hingga kini Low masih menjadi buron aparat hukum Amerika Serikat dan Malaysia. Pada Juni, dia berhasil mencapai kesepakatan dengan Departemen Kehakiman AS untuk menyerahkan aset bernilai lebih dari US$100 juta yang diduga dibeli dengan dana milik 1MDB.