Logo Bloomberg Technoz

Investor Wait & See, Harga Emas Cuma Naik Tipis

Hidayat Setiaji
23 July 2024 07:10

Karyawan memperlihatkan emas logam mulia Antam di Butik Emas ANTAM, Jakarta, Selasa (9/72024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan memperlihatkan emas logam mulia Antam di Butik Emas ANTAM, Jakarta, Selasa (9/72024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga emas dunia hanya naik tipis pada perdagangan kemarin. Sepertinya pelaku pasar masih menanti arah dinamika politik di Amerika Serikat (AS).

Pada Senin (22/7/2024), harga emas dunia di pasar spot ditutup di US$ 2.395,7/troy ons. Hanya naik 0,03% dibandingkan akhir pekan lalu.

Padahal emas mengawali hari dengan meyakinkan. Pada awal perdagangan kemarin, harga sang logam mulia sempat naik di kisaran 0,6%.

Namun perlahan penguatan harga emas terkikis. Hingga akhirnya hanya menguat tipis hampir flat saat penutupan perdagangan.

Harga Emas di Pasar Spot (Sumber: Bloomberg)

Perkembangan politik di Negeri Paman Sam sepertinya membuat investor memilih wait and see. Tensi politik meningkat usai Joseph ‘Joe’ Biden memutuskan untuk mundur dari kontestasi pemilihan presiden (pilpres). Biden mendukung Kamala Harris untuk maju sebagai calon presiden dari Partai Demokrat dan bertarung dengan Donald Trump pada pilpres November mendatang.