Logo Bloomberg Technoz

Susul PKS dan PKB, Nasdem Resmi Usung Anies di Pilkada Jakarta

Mis Fransiska Dewi
22 July 2024 19:20

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. (Dok. Nasdem)
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. (Dok. Nasdem)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh menetapkan partainya akan mengusung mantan calon presiden Pemilu 2024, Anies Baswedan sebagai calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta. 

Keputusan ini menggenapi langkah politik Koalisi Perubahan untuk mengusung kembali jagoan mereka di kontestasi politik ibu kota. Dua rekan Partai Nasdem yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) lebih dulu mengusung gubernur DKI Jakarta 2017-2022 tersebut.

"Pak Surya Paloh yang pimpin rapat tadi langsung menetapkan Bapak Anis Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta dari Partai Nasdem," kata Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Hermawi Taslim, Senin (22/7/2024).

Keputusan ini, kata dia, sekaligus menegaskan sikap politik Partai Nasdem yang sebelumnya juga sempat berencana mengusung dua kadernya ke Pilkada DKI Jakarta. Mereka adalah Bendahara Partai Nasdem Ahmad Syahrono dan Sekretaris DPW Partai Nasdem Wibi Andrino.

Sekretaris Badan Pemilu Partai Nasdem, Willy Aditya mengklaim dukungan kepada Anies diberikan tanpa syarat. Hal ini menegaskan, Partai Nasdem tetap akan mengusung Anies meski calon wakil gubernur (cawagub) pada Pilkada DKI Jakarta bukan berasal dari kader partai tersebut.