Logo Bloomberg Technoz

Mobil pertama yang dilengkapi dengan arsitektur yang dikembangkan bersama ini akan mulai diproduksi dalam waktu sekitar 24 bulan.

2 tahun

Pengumuman ini memperdalam hubungan yang sudah terjalin erat antara keduanya. Pada Juli tahun lalu, VW mengatakan akan melakukan investasi sebesar US$700 juta di Xpeng dengan imbalan 4,99% saham.

VW juga memiliki kursi dewan pengamat dan produsen mobil tersebut. Perusahaan mengatakan bahwa mereka akan mencoba mengembangkan setidaknya dua model bertenaga baterai baru berlabel VW.

Dari sudut pandang VW, bekerja sama dengan Xpeng memberikannya akses ke perangkat software mobil pintar berharga. VW dianggap sulit mengembangkannya sendiri.

Bagi Xpeng, kemitraan ini menambah kekuatan finansial dan kesempatan untuk berkembang dalam skala global. 

Dengan kesepakatan hari Senin, VW “akan meluncurkan sistem kendaraan elektronik baru yang sangat kuat di pasar mulai tahun 2026,” kata Ralf Brandstatter, anggota dewan direksi VW di China. Juga harus ada peningkatan efisiensi biaya, tambahnya.

Chairman dan CEO Xpeng, He Xiaopeng, mengatakan bahwa kolaborasi ini “menandai tonggak penting ketiga yang kami capai dalam setahun dalam kemitraan strategis jangka panjang” dengan VW.

(bbn)

No more pages