Logo Bloomberg Technoz

Ke depannya, pemerintah juga bakal menyelesaikan beberapa komoditas mineral lainnya untuk masuk ke Simbara, seperti tembaga, emas, bauksit, mangan, dan lainnya.

Sementara itu, pada hari ini, Senin (22/7/2024), pemerintah resmi memasukan komoditas timah dan nikel ke dalam Simbara.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan setoran royalti tambang ke negara berpotensi meningkat sebesar Rp5 triliun hingga Rp10 triliun melalui masuknya komoditas timah dan nikel ke Simbara.

“Hanya dari royalti kita bisa dapat Rp5 triliun sampai Rp10 triliun, hanya royalti tidak bicara pajak. Jadi Anda bisa bayangkan semua kalau bisa kita bikin tertib semua, bisa hebat,” ujar Luhut

Sekadar catatan, Simbara mulai go live sejak September 2023 dan saat ini mengintegrasikan pengelolaan komoditas batu bara di dalam satu ekosistem. Pada 2024, diharapkan komoditas nikel dan timah juga dapat diintegrasikan dalam Simbara.

Simbara mengintegrasikan proses mulai dari single identity dari wajib pajak dan wajib bayar, proses perizinan tambang, rencana penjualan, verifikasi penjualan, pembayaran PNBP, serta ekspor dan pengangkutan atau pengapalan, dan devisa hasil ekspor.

(dov/wdh)

No more pages