Logo Bloomberg Technoz

Partai Demokrat menghadapi tugas untuk menyatukan calon baru hanya beberapa minggu sebelum konvensi berlangsung. Demokrat harus segera membuat kemajuan melawan calon terdepan dari Partai Republik, Donald Trump.

Para investor telah bertaruh pada kembalinya Trump ke Gedung Putih selama berminggu-minggu, salah satunya lewat aksi memangkas kepemilikan obligasi AS jangka panjang dan membeli Bitcoin.

Bursa Amerika Serikat Wall Street (Dok Bloomberg)

Menurut pelaku pasar mereka sedang mempertimbangkan apakah “Trump Trade” masih berlangsung. Ketidakpastian ini dapat menyebabkan volatilitas pasar, meskipun untuk saat ini, banyak perhatian tertuju pada pendapatan dan prospek kebijakan moneter.

Ahli strategi Morgan Stanley Michael Wilson mengatakan pihaknya lebih fokus pada irama siklus bisnis daripada hasil pemilu.

“Sementara pasar telah mencerna meningkatnya peluang kemenangan Trump, kenaikan siklus dari sini kemungkinan akan bergantung pada pertumbuhan.”

Tampak  indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,9%, menutup penurunan 2,7% minggu lalu. Bursa saham AS masih mencatatkan kenaikan lebih tinggi.

Para investor lebih menyibukkan diri jelang laporan keuangan emiten-emiten besar minggu ini. Para ahli strategi di Morgan Stanley mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan di Eropa telah membuat awal yang positif untuk musim pelaporan kuartal kedua, dengan 29% mengalahkan ekspektasi laba. 

Namun, Ryanair Holdings Plc gagal untuk meningkatkan rekor tersebut pada hari Senin, turun 13% setelah maskapai penerbangan murah asal Irlandia ini memangkas proyeksi harga tiket pada periode perjalanan musim panas yang krusial karena konsumen semakin berhati-hati. 

Rivalnya, EasyJet Plc dan IAG SA juga jatuh, menyeret turun subindeks perjalanan dan liburan.

Di AS, Tesla Inc dan Alphabet Inc akan menjadi yang pertama dari “Magnificent Seven” yang akan melaporkan kinerja keuangannya pada Selasa waktu setempat.

Para analis kemungkinan akan menekan raksasa kendaraan listrik Elon Musk ini mengenai perkembangan rencana robotaksi. para investor akan menyelidiki detail peningkatan pendapatan induk Google dari kecerdasan buatan (AI).

Bursa Asia tengah diselimuti pelemahan efek sektor teknologi yang lemah. Surat utang China kemudian menjadi sorotan, menguat setelah bank sentral memangkas suku bunga kebijakan.

xSaham-saham di bursa China jatuh, karena para investor terus mengekspresikan kekecewaan mereka atas kurangnya langkah-langkah stimulus yang kuat dari pertemuan besar Partai Komunis baru-baru ini.

(bbn)

No more pages