Logo Bloomberg Technoz

Kilang Minyak Terbesar Rusia Milik Rosneft Dibakar Drone Ukraina

News
22 July 2024 14:30

Seorang pekerja mengenakan jaket keselamatan bermerek saat bekerja di anjungan pengeboran yang dioperasikan oleh Rosneft PJSC/Bloomberg-Andrey Rudakov
Seorang pekerja mengenakan jaket keselamatan bermerek saat bekerja di anjungan pengeboran yang dioperasikan oleh Rosneft PJSC/Bloomberg-Andrey Rudakov

Bloomberg News

Bloomberg, Kilang Tuapse utama milik Rosneft PJSC di Rusia selatan terbakar setelah serangan pesawat nirawak (drone) Ukraina Senin pagi, (22/7/2024), kata otoritas regional.

“Infrastruktur kilang minyak di Tuapse rusak akibat jatuhnya puing-puing drone,” kata pihak berwenang dalam pernyataan di Telegram. Kebakaran yang terjadi di lahan seluas 50 meter persegi itu berhasil dipadamkan pada pukul 08.01 waktu setempat, menurut pernyataan terpisah.

Pertahanan udara menembak jatuh delapan drone di sekitar kota Tuapse, Interfax melaporkan. Secara total, 75 drone Ukraina dicegat dan dihancurkan di wilayah Rusia pada Senin pagi, kata Kementerian Pertahanan dalam pernyataan telegram terpisah.

Kompleks Kilang Vadinar dioperasikan oleh Nayare Energy Ltd., dimiliki bersama oleh Rosneft Oil Co. dan Trafigura Group Pte.(Dhiraj Singh/Bloomberg)

Ini adalah serangan pertama yang berhasil dilakukan Ukraina terhadap kilang minyak besar Rusia sejak pertengahan Mei, dan serangan ini terjadi tepat ketika industri pengolahan minyak Rusia berada di jalur yang tepat untuk meningkatkan kinerjanya ke level tertinggi dalam enam bulan untuk memenuhi permintaan bahan bakar dalam negeri yang terus meningkat.