Logo Bloomberg Technoz

“Hampir semua orang di AS akan menjadi pemenang jika mereka bersedia untuk beroperasi sesuai dengan aturan baru saat diterapkan,” kata Christian Catalini, pendiri MIT Cryptoeconomics Lab.

Penambang Bitcoin

Selain lonjakan harga Bitcoin sebesar hampir 10% sejak penampilan debat Biden yang buruk di bulan Juni dan percobaan pembunuhan yang gagal terhadap calon presiden dari Partai Republik tersebut, reaksi pasar terbesar terjadi pada harga saham perusahaan-perusahaan yang memvalidasi transaksi di blockchain mata uang digital ini.

Trump pada bulan Juni bertemu dengan para penambang Bitcoin dan dalam postingan berikutnya di akun Truth Social-nya mengatakan bahwa penambangan Bitcoin mungkin merupakan “garis pertahanan terakhir kita terhadap CBDC,” mengacu pada mata uang digital bank sentral.

Dia menyatakan keinginannya bahwa semua Bitcoin yang tersisa menjadi “MADE IN THE USA!!!”

Saham Marathon Digital dan Riot Platforms, dua perusahaan publik terbesar, telah melonjak sekitar 30% dalam periode tersebut.

Cipher Mining naik hampir 50%, dengan perusahaan yang menjajaki potensi penjualan setelah menerima minat pengambilalihan, orang-orang yang mengetahui masalah ini mengatakan sebelumnya.  

Kandidat IPO 

Dalam hal yang mungkin tidak terpikirkan setelah runtuhnya pasar kripto pada tahun 2022, perusahaan-perusahaan di sektor ini sekali lagi membuat rencana untuk penawaran umum perdana (IPO). Circle, penerbit stablecoin USDC senilai sekitar US$33 miliar, mengajukan IPO pada bulan Januari setelah membatalkan tawaran sebelumnya untuk go public lebih dari setahun yang lalu.

Penambang kripto yang berubah menjadi penyedia komputasi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), Northern Data sedang mempertimbangkan untuk mendaftar di AS dengan valuasi sebanyak US$16 miliar dan Kraken, bursa kripto terbesar kedua yang berbasis di AS juga bersiap IPO. 

Transaksi aset digital telah menjadi salah satu penghalang utama bagi perusahaan-perusahaan tersebut mendapatkan persetujuan dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Badan ini mencantumkan sejumlah token sebagai sekuritas yang tidak terdaftar dan ketuanya, Gary Gensler, telah dikritik oleh tokoh-tokoh kripto terkenal seperti Chief Executive Officer (CEO) Coinbase, Brian Armstrong, karena tindakan keras dan tuntutan hukum terhadap perusahaan kripto.

Trump terlihat kemungkinan akan menunjuk ketua SEC yang lebih ramah terhadap kripto.

Donald Trump. (Dok: Bloomberg)

Pertukaran Digital 

Kepresidenan Trump yang kedua juga dapat menyebabkan sistem perbankan menjadi lebih menerima perusahaan kripto. 

Platform perdagangan aset digital telah melihat berkurangnya jumlah bank yang dapat mereka manfaatkan untuk konversi antara mata uang fiat dan aset kripto.

Sejumlah bank yang ramah terhadap kripto seperti Silvergate dan Signature bangkrut, sehingga membatasi akses perusahaan kripto ke layanan perbankan.

Persaingan di Luar Negeri 

Meskipun sebagian besar pelaku industri akan merayakan kemenangan Trump, segelintir perusahaan mungkin merasakan dampak buruknya.

Perusahaan-perusahaan kripto luar negeri, terutama platform perdagangan seperti Binance, OKX, dan Deribit telah menikmati peningkatan pangsa pasar karena regulasi yang ketat mencegah saingan AS meluncurkan beberapa layanan paling populer. Ambil contoh,  dengan regulator lebih ramah terhadap kripto dan kerangka hukum yang jelas, perusahaan-perusahaan yang berbasis di AS dapat meluncurkan layanan perdagangan melalui menawarkan lebih banyak leverage atau opsi kripto dan kontrak berjangka lewat lebih banyak tanggal kedaluwarsa.

Pihak lain yang kena dampak adalah konglomerat trilioner dolar asal China, Bitmain. Produsen mesin penambang Bitcoin terbesar ini telah mendominasi pasar dan sebagian besar penambang Bitcoin yang terdaftar di AS menggunakan peralatannya.

Selain retorika perdagangan China dari Trump, ambisinya untuk membuat semua Bitcoin yang tersisa di AS dapat menjadi tantangan bagi perusahaan. Hal ini terutama terjadi pada kompetitor AS seperti Block dan Auradine yang menjual cip atau mesin baru dalam jumlah besar kepada perusahaan-perusahaan penambang. 

Mata Uang Digital  (CBDC)

CBDC, adalah sasaran empuk bagi Trump. Banyak pemegang kripto melihat CBDC sebagai cara pemerintah untuk meningkatkan pengawasan keuangan terhadap warganya. Trump telah bersumpah untuk tidak pernah mengizinkan dolar didigitalisasi.

(bbn)

No more pages