Logo Bloomberg Technoz

Filipina & China Berselisih Usai Capai Kesepakatan di LCS

News
22 July 2024 13:10

Kapal Filiphina berpatroli di Laut China Selatan (Dok: Bloomberg)
Kapal Filiphina berpatroli di Laut China Selatan (Dok: Bloomberg)

Cliff Venzon - Bloomberg News

Bloomberg, Filipina dan China berselisih mengenai rincian "kesepakatan sementara" yang akan mengatur misi pengiriman pasokan ke pos militer Manila di Laut China Selatan (LCS). Perselisihan ini terjadi hanya beberapa jam setelah keduanya mengumumkan kesepakatan tersebut. 

Filipina pada Minggu (21/7/2024) mengatakan bahwa pihaknya telah "mencapai kesepahaman" dengan China dalam hal pengiriman pasokan bagi tentaranya yang ditempatkan di BRP Sierra Madre di Second Thomas Shoal yang telah menjadi pusat ketegangan di antara kedua negara.

Pada Senin (22/7/2024) pagi, juru bicara Kementerian Luar Negeri China memberikan beberapa rincian termasuk dua poin utama yang langsung dipermasalahkan oleh Filipina bahwa Beijing harus diberi tahu terlebih dahulu jika Manila akan mengirimkan "kebutuhan hidup" kepada pasukannya di kapal yang dikandaskan, dan bahwa Beijing "akan memantau seluruh proses pengiriman ulang."

Pernyataan China tentang "pemberitahuan sebelumnya dan konfirmasi di tempat tidak akurat," kata Departemen Luar Negeri Filipina, Senin. Ditambahkan bahwa kesepakatan tersebut dicapai tanpa mengurangi klaim masing-masing pihak karena kedua belah pihak berusaha untuk meredakan ketegangan.