Logo Bloomberg Technoz

"Kami akan mengarungi perairan yang belum dipetakan dalam beberapa hari mendatang. Namun, saya memiliki keyakinan yang luar biasa bahwa para pemimpin partai kami akan mampu menciptakan sebuah proses yang memungkinkan munculnya calon yang luar biasa," ujar Obama.

Berikut pernyataan lengkap Obama:

Joe Biden adalah salah satu presiden Amerika yang paling berpengaruh, serta teman dan mitra yang baik bagi saya. Hari ini, kita juga diingatkan--sekali lagi--bahwa dia adalah seorang patriot dengan tingkat tertinggi.

Enam belas tahun yang lalu, ketika saya memulai pencarian saya untuk mencari seorang wakil presiden, saya tahu tentang karier Joe yang luar biasa di bidang pelayanan publik. Namun, yang lebih saya kagumi adalah karakternya--empatinya yang mendalam dan ketangguhannya yang diperoleh dengan susah payah; kesopanannya yang mendasar dan keyakinannya bahwa setiap orang penting. 

Sejak menjabat, Presiden Biden telah menunjukkan karakter tersebut berulang kali. Dia membantu mengakhiri pandemi, menciptakan jutaan lapangan kerja, menurunkan biaya obat resep, mengesahkan undang-undang keamanan senjata api pertama dalam 30 tahun terakhir, melakukan investasi terbesar untuk mengatasi perubahan iklim dalam sejarah, dan berjuang untuk memastikan hak-hak pekerja untuk berserikat demi mendapatkan upah dan tunjangan yang adil.

Secara internasional, ia memulihkan posisi Amerika di dunia, merevitalisasi NATO, dan memobilisasi dunia untuk melawan agresi Rusia di Ukraina. Lebih dari itu, Presiden Biden membawa kita menjauh dari kekacauan, kebohongan, dan perpecahan selama empat tahun yang menjadi ciri khas pemerintahan Donald Trump.

Melalui kebijakan dan teladannya, Joe telah mengingatkan kita akan jati diri kita yang sebenarnya--sebuah negara yang berkomitmen pada nilai-nilai kuno seperti kepercayaan dan kejujuran, kebaikan dan kerja keras; sebuah negara yang percaya pada demokrasi, supremasi hukum, dan akuntabilitas; sebuah negara yang bersikeras bahwa setiap orang, siapa pun mereka, memiliki suara dan berhak mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Rekam jejak yang luar biasa ini memberi Presiden Biden hak untuk mencalonkan diri kembali dan menyelesaikan pekerjaan yang telah ia mulai. Joe memahami lebih baik daripada siapa pun tentang apa yang dipertaruhkan dalam Pemilu kali ini--bagaimana semua yang telah ia perjuangkan sepanjang hidupnya, dan semua yang diperjuangkan oleh Partai Demokrat, akan berisiko jika kita membiarkan Donald Trump kembali ke Gedung Putih dan memberikan Partai Republik kendali atas Kongres.

Saya juga tahu bahwa Joe tidak pernah mundur dari sebuah pertarungan. Baginya, melihat lanskap politik dan memutuskan untuk menyerahkan obor kepada calon yang baru tentu saja merupakan salah satu hal terberat dalam hidupnya. Namun, saya tahu dia tidak akan mengambil keputusan ini kecuali dia yakin bahwa ini adalah keputusan yang tepat untuk Amerika. Ini adalah bukti kecintaan Joe Biden pada negara--dan contoh bersejarah dari seorang pelayan publik yang tulus yang sekali lagi mengutamakan kepentingan rakyat Amerika di atas kepentingannya sendiri, yang harus diteladani oleh para pemimpin di masa depan.

Kami akan mengarungi lautan yang belum dipetakan di masa-masa mendatang. Namun, saya memiliki keyakinan yang luar biasa bahwa para pemimpin partai kami akan mampu menciptakan sebuah proses yang memungkinkan munculnya calon yang luar biasa.

Saya percaya bahwa visi Joe Biden tentang Amerika yang murah hati, makmur, dan bersatu yang memberikan kesempatan bagi semua orang akan terlihat jelas pada Konvensi Partai Demokrat pada Agustus. Dan saya berharap kita semua siap untuk membawa pesan harapan dan kemajuan tersebut hingga November dan seterusnya.

Untuk saat ini, Michelle dan saya hanya ingin mengungkapkan rasa cinta dan terima kasih kami kepada Joe dan Jill yang telah memimpin kami dengan sangat cakap dan berani selama masa-masa sulit ini--dan atas komitmen mereka terhadap cita-cita kebebasan dan kesetaraan yang menjadi dasar berdirinya negara ini.

(ros)

No more pages