Logo Bloomberg Technoz

Pertimbangan Politik
Para donatur juga berfokus pada optik politik. Partai Demokrat dikritik karena mengisolasi Biden dari penantang mana pun bahkan ketika kekhawatiran meningkat tentang kemampuannya berkampanye, dan beberapa pendukungnya mengatakan bahwa mendorong pencalonan Harris tanpa proses yang kompetitif akan terlihat buruk.

Namun, banyak pemimpin Partai Demokrat juga mengakui risiko melewatkan wanita kulit berwarna dengan jabatan tertinggi di partai, yang memiliki daya tarik kuat bagi dua blok pemilih penting, yaitu wanita dan pemilih kulit hitam.

Hanya dengan membuka jalan bagi Harris tidak akan menghasilkan kegembiraan publik tentang tiket Partai Demokrat, kata salah satu donor utama yang bekerja di Wall Street, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena membahas topik yang sensitif. Namun menempatkan tujuh hingga delapan kandidat di atas panggung untuk menyampaikan permasalahan mereka akan membangkitkan minat yang signifikan, kata orang tersebut.

Banyak pemegang jabatan penting di Partai Demokrat dan para petinggi partai dengan cepat mendukung calon wakil presiden berusia 59 tahun ini. Seperti pernyataan dukungan dari mantan Menteri Tenaga Kerja Robert Reich, Gubernur Pennsylvania Josh Shapiro, dan Senator Amy Klobuchar dari Minnesota. Pihak-pihak lain, seperti mantan Presiden Barack Obama, memuji keputusan Biden namun tidak secara khusus mendukung Harris. 

Pertaruhan Wakil Presiden
Dalam sebuah percakapan pribadi, empat donatur utama Partai Demokrat yang lebih memilih konvensi terbuka mengatakan bahwa jika Harris mendapatkan nominasi, pasangannya harus membantu meraih kemenangan di negara-negara bagian yang masih belum menentukan. 

Pilihan Trump atas Senator Ohio JD Vance membantu meningkatkan posisinya di kalangan eksekutif teknologi di Silicon Valley, yang banyak di antaranya menganggap mantan pemodal ventura itu sebagai salah satu dari mereka. 

Para donatur utama, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena membahas hal-hal yang sensitif, mengatakan bahwa kandidat utama untuk posisi wakil presiden dari Partai Demokrat adalah Gubernur Michigan Gretchen Whitmer, Gubernur Kentucky Andy Beshear, pensiunan Laksamana Angkatan Laut William McRaven, Gubernur North Carolina Roy Cooper, dan Shapiro.

Pihak Trump, memusatkan perhatian pada Harris, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia "sama lucunya dengan Biden. Harris bahkan akan lebih buruk bagi rakyat Amerika Serikat."

"Tidak ada jarak di antara keduanya," tambahnya. 

Trey Beck, seorang donatur Partai Demokrat dan mantan direktur pelaksana di perusahaan investasi DE Shaw, telah meminta Biden untuk minggir setelah penampilan debatnya yang buruk bulan lalu, di mana presiden berjuang untuk mempertahankan rekornya dan merumuskan serangan yang efektif terhadap Trump. Kini, ia mendesak diadakannya sebuah kontes untuk menentukan siapa yang akan menjadi pembawa standar partai.

"Siapa pun yang muncul dari proses itu adalah kandidat yang lebih kuat," katanya. "Mereka akan diperiksa oleh publik, posisi mereka akan terlihat di luar sana, kemampuan retorika mereka akan dipertajam."

Dia mengatakan jika Harris muncul sebagai pemenang, "Saya akan berjalan di atas bara api untuk melihatnya terpilih sebagai presiden."

Beck, yang meninggalkan DE Shaw sebagian untuk fokus pada kebijakan-kebijakan Partai Demokrat dan secara informal memberi saran kepada para donatur di mana mereka harus menyumbang, telah memberikan $66.600 kepada Pendanaan Kemenangan Biden.

Pada hari Minggu, sudah ada beberapa bukti antusiasme para donatur terhadap calon presiden dari Partai Demokrat. Swing Left, sebuah organisasi akar rumput yang dibentuk pada hari pelantikan Trump untuk memilih anggota Partai Demokrat di DPR, meluncurkan sebuah dana pada hari Minggu untuk siapa pun orangnya.

Dalam 90 menit pertama, organisasi ini berhasil mengumpulkan 75.000 dolar AS dari 700 donatur, kata direktur eksekutif Yasmin Radjy. 

"Apa yang kami tidak inginkan adalah teori-teori, pakar-pakar, dan semua percakapan tentang proses terbuka memperlambat komitmen mendalam yang dimiliki para penyandang dana akar rumput," ujarnya.

Ada keuntungan penggalangan dana dengan memilih Harris: kampanye Biden masih memiliki hampir $96 juta yang tersisa di bank, dan Harris akan memiliki akses ke uang tunai tersebut karena dia adalah bagian dari tiket. Jika ada kandidat lain yang muncul, orang tersebut kemungkinan besar harus memulai penggalangan dana dari $0.

Sebagai tanda yang jelas dari dukungan donor dengan dana kecil, Harris berhasil mengumpulkan $46,7 juta dalam beberapa jam pertama sejak mengumumkan pencalonan dirinya, menurut ActBlue, sebuah platform donasi online untuk Partai Demokrat.

Uang Besar
Soros's Democracy PAC telah memberikan $10 juta kepada Future Forward PAC dan $5,6 juta kepada American Bridge, yang mendukung para kandidat progresif.

Jamie Patricof, seorang produser film dan donatur, juga mendukung Harris. Dia menyelenggarakan penggalangan dana untuknya pada tahun 2019 selama usahanya yang gagal untuk mendapatkan nominasi. 

"Orang lain akan melihat bahwa dia adalah pilihan terbaik bagi Partai Demokrat untuk mengalahkan Donald Trump," kata Patricof dalam sebuah wawancara. "Dalam sebuah debat, dia akan menghancurkan Donald Trump."

Para pendukung sang wakil presiden "akan melakukan semua yang bisa kami lakukan untuk mengalahkan Donald Trump," katanya. "Itu termasuk mengumpulkan uang, mengetuk pintu, menelepon, mengadakan acara. Tidak ada yang lebih penting bagi saya selain pemilihan ini."

Rick Caruso, seorang miliarder pengembang real estate Los Angeles, mengatakan bahwa Harris mungkin akan muncul sebagai pilihan terbaik bagi Partai Demokrat, namun ia tetap menyerukan agar diadakan kontes untuk memilih calon.

"Mengizinkan proses yang terbuka konsisten dengan kekuatan fundamental demokrasi kita," kata Caruso dalam sebuah posting di X. 

Sumbangannya baru-baru ini termasuk $50.000 kepada Komite Kampanye Kongres Demokrat pada bulan Maret dan $10.000 kepada DNC Services Corp, menurut Open Secrets. Dia adalah mantan anggota Partai Republik yang mendaftar sebagai anggota Partai Demokrat pada tahun 2022, ketika dia gagal mencalonkan diri sebagai walikota Los Angeles. Dia menghabiskan lebih dari $100 juta dari kekayaan pribadinya untuk kampanye tersebut.

Novogratz menekankan bahwa siapa pun yang dicalonkan oleh Partai Demokrat akan lebih baik daripada alternatifnya. Investor, yang menyumbang kepada Biden pada tahun 2020 tetapi belum memberinya uang tunai tahun ini, mengatakan bahwa para pendukung harus mengatur dengan cepat setelah calon terpilih.

"Ada banyak hal yang harus dilakukan. Uang harus dikumpulkan, kampanye harus dilakukan, pengenalan nama harus muncul," katanya. Siapa pun yang terpilih "akan terlihat lebih muda, lebih pintar dan lebih menarik daripada seorang pria" yang pernah dihukum karena melakukan tindak kejahatan.

(bbn)

No more pages