Logo Bloomberg Technoz

Bagaimana uang tersebut akan digunakan?

Bergantung siapa yang akan keluar dari situasi yang kacau balau akibat mundurnya Biden ini. Sebagai calon wakil presiden saat kampanye dimulai, Harris ada dalam dokumen kampanye resmi dan dapat menggunakan dana tersebut untuk pencalonannya.

Jika calon lain yang akhirnya terpilih, dana yang tersisa di rekeningnya bisa ditransfer ke Komite Nasional Partai Demokrat (DNC), atau disumbangkan ke kelompok pemberi dana di luar partai seperti komite aksi politik.

Para kandidat memiliki lebih banyak kelonggaran untuk bekerja sama dengan partai politik mereka untuk mengarahkan belanja iklan. Kandidat tidak dapat mengoordinasikan belanja iklan dengan super-PAC, tetapi mereka dapat berkonsultasi mengenai upaya meraih suara.

Apa yang harus dilakukan kandidat baru?

Jika Partai Demokrat memilih kandidat selain Harris, misalnya seorang gubernur, maka orang tersebut harus memulai kampanye dari awal. Jika seorang anggota DPR atau Senat terpilih, sisa dana kampanye dari pemilihan sebelumnya dapat ditransfer ke komite kepresidenan. Siapa pun yang terpilih akan mulai berkampanye dengan saldo nol, sehingga menyulitkan upaya untuk memulai kampanye dan mempekerjakan staf.

Kampanye diperbolehkan meminjam uang asalkan mereka mengungkapkan pemberi pinjaman dan persyaratan pinjaman. DNC dapat meminjamkan uang kampanye kepada kandidat baru. Amalgamated Bank, yang berfungsi sebagai bankir utama untuk Partai Demokrat, telah memberikan pinjaman sebanyak US$20 juta kepada komite-komite partai. Bank ini juga dapat menawarkan pinjaman yang akan memungkinkan kampanye berjalan lebih cepat.

Apa yang diinginkan oleh para donatur?

Bagi para donatur, intinya adalah mengalahkan Trump. Partai Demokrat menggelontorkan lebih dari US$1 miliar ke dalam pundi-pundi kampanye Biden pada tahun 2020, dan ratusan juta lainnya ke dalam super-PAC untuk mengeluarkan Trump dari Gedung Putih. Masalah bagi para donatur yang berkantong tebal adalah bagaimana mereka melakukan hal tersebut dengan waktu kurang dari empat bulan lagi sebelum hari pemilihan.

Mike Novogratz, miliarder pendiri Galaxy Digital Holdings yang termasuk di antara para donatur putaran pertama yang menyerukan agar Biden mundur, mengatakan bahwa ia menginginkan proses pencalonan yang terbuka. Ia juga telah memulai sebuah upaya untuk mengumpulkan dana bagi pengganti Biden.

"Ini adalah langkah yang baik dalam prosesnya, dan ini harus terjadi," katanya dalam sebuah wawancara pada Minggu (21/7/2024). "Saya sudah menaruh sejumlah uang, dan kita akan lihat apa yang akan terjadi dalam 10 hari ke depan."

Jika ada konvensi terbuka, para donatur mungkin akan terpecah menjelang konvensi tersebut mengenai siapa yang akan menjadi pengganti Biden. George Soros, salah satu donatur terbesar untuk Partai Demokrat, akan mendukung Harris, menurut seorang juru bicara.

Para donatur tidak memiliki banyak waktu untuk bersatu di belakang seorang kandidat: Konvensi Nasional Partai Demokrat untuk menominasikan kandidat baru dimulai di Chicago dalam waktu kurang dari satu bulan.

Bagaimana hal ini dibandingkan dengan status keuangan Trump dan Partai Republik?

Trump dan para super-PAC yang mendukungnya telah mengalami lonjakan dukungan dalam beberapa minggu terakhir. Para donatur utama, termasuk miliarder Elon Musk dan Paul Singer serta investor Timothy Mellon, telah menyumbangkan atau berjanji untuk memberikan dukungan. 

Tim kampanye Trump dan Komite Nasional Partai Republik memiliki dana sebesar US$285 juta di bank pada akhir Juni, US$45 juta lebih banyak dibandingkan dengan dana yang dimiliki oleh Biden. 

Para donatur Partai Republik bersatu di sekeliling Trump, yang juga mendapat dukungan dari para individu yang sebelumnya telah menyumbang untuk Partai Demokrat. 

Bill Ackman dari Pershing Square telah mendukungnya, sementara Jacob Helberg, seorang eksekutif Palantir yang menyumbangkan US$250.000 kepada super PAC pro-Biden pada tahun 2020, sekarang menyumbang untuk Trump.

(bbn)

No more pages