Logo Bloomberg Technoz

Update Kasus Dugaan Korupsi Lampu Jalan di Kementerian ESDM

Dovana Hasiana
22 July 2024 09:55

Penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS)./dok. Ditjen EBTKE Kementerian ESDM
Penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS)./dok. Ditjen EBTKE Kementerian ESDM

Bloomberg Technoz, Jakarta Badan Reserse Kriminal Kepolisian atau Bareskrim Polri memastikan proses penyidikan kasus dugaan korupsi pengadaan dan pelaksanaan proyek Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada 2020 masih berjalan.

Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri Komisaris Besar Arief Adiharsa mengatakan saat ini Bareskrim Polri tengah melengkapi pemeriksaan para saksi dan upaya pengumpulan barang bukti.

“Selain itu penyidik juga tengah berupaya melakukan penelusuran harta atau aset hasil kejahatan dalam rangka penyelamatan atau pemulihan kerugian negara,” ujar Arief kepada Bloomberg Technoz, dikutip Senin (22/7/2024).

Secara umum, Arief menambahkan, awal mula penanganan pidana korupsi berasal dari adanya aduan masyarakat, yang kemudian ditindaklanjuti dengan kegiatan penelaahan dan verifikasi.

Jika ditemukan adanya indikasi penyimpangan dan diduga melanggar pasal undang-undang pemberantasan korupsi, maka akan dilanjutkan dengan kegiatan penyelidikan.