Logo Bloomberg Technoz

Bank Sentral China Pangkas Bunga Acuan Jangka Pendek

News
22 July 2024 08:50

Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)
Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Bank Sentral China atau People Bank of China (PBOC) memangkas suku bunga jangka pendek untuk pertama kalinya dalam hampir satu tahun terakhir sebagai upaya meningkatkan dukungan pertumbuhan sambil bergeser ke arah kebijakan baru. 

PBOC menurunkan suku bunga reverse repo tujuh hari sebesar 10 basis poin menjadi 1,7%, seperti yang disampaikan Senin (22/7/2024). Kebijakan ini bertujuan untuk mengoptimalkan mekanisme operasi pasar terbuka dan meningkatkan dukungan finansial untuk perekonomian, seperti disebut dalam pernyataan tersebut.

Pelonggaran kebijakan moneter China

Pemangkasan bunga ini dilakukan setelah data resmi yang dirilis minggu lalu menunjukkan pertumbuhan ekonomi melambat pada periode April-Juni ke laju terburuk dalam lima kuartal. Belanja konsumen yang goyah merusak ledakan ekspor, memberikan tekanan pada para pembuat kebijakan untuk meningkatkan dukungan. 

"PBOC tidak menunggu sampai the Fed untuk memotong suku bunga terlebih dahulu. Hal ini mencerminkan bahwa mereka mungkin menyadari tekanan ke bawah pada ekonomi RRT, sehingga mereka perlu mengambil tindakan untuk mengatasi tantangan di dalam negeri," ujar Zhang Zhiwei, kepala ekonom di Pinpoint Asset Management.