Logo Bloomberg Technoz

Para analis dan investor akan memperhatikan dengan saksama pengungkapan perusahaan mengenai berapa persisnya biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi satu ons emas--yang dikenal sebagai biaya produksi--sehubungan dengan lonjakan harga emas batangan.

Pergerakan emas. (Dok: Bloomberg)

Minyak

Produksi minyak mentah Amerika Serikat (AS) telah bertahan di rekor tertinggi 13,3 juta barel per hari di Juli meskipun terjadi penurunan yang stabil pada jumlah rig yang mengebor di ladang minyak. Jumlah rig AS turun hampir 10% sejak pertengahan April, merosot ke level terendah sejak Desember 2021, menurut jumlah rig minyak Baker Hughes AS. Produktivitas yang lebih tinggi per sumur baru dan penggunaan beberapa stok sumur yang telah dibor, tetapi belum selesai membantu meningkatkan produksi negara.

Pergerakan minyak. (Dok: Bloomberg)

Sirup Maple

Para pecinta pancake bergembiralah! Tanda-tanda awal menunjukkan panen sirup maple yang belum pernah terjadi sebelumnya tahun ini di Kanada--pemasok terbesar di dunia sejauh ini--berkat musim panen yang luar biasa dari para petani Quebec.

Quebec, yang menyumbang 92% dari produksi Kanada, menghasilkan 239 juta pon sirup manis sepanjang masa pada musim ini, menurut Quebec Maple Syrup Producers, kelompok yang mengawasi semua aspek industri di provinsi yang berbahasa Prancis tersebut.

Pergerakan sirup maple. (Dok: Bloomberg)

Bahan Kimia

Industri bahan kimia Jerman sedang berjuang untuk pulih dari keterkejutan akibat biaya energi yang tinggi pada tahun 2022, yang turut menekan utilisasi kapasitas hingga mencapai titik terendah yang belum pernah terjadi sejak krisis keuangan global pada tahun 2007-2009, demikian menurut data asosiasi industri VCI.

Kali ini, pemulihannya jauh lebih lemah. Meskipun VCI telah mengalami rebound dalam beberapa bulan terakhir, VCI tidak mengantisipasi produksi untuk kembali ke level yang terlihat sebelum krisis energi. Bahan kimia dibuat dari nafta dan propana, yang merupakan turunan minyak mentah, dan digunakan dalam berbagai produk mulai dari mainan dan elektronik hingga mobil.

Pergerakan bahan kimia. (Dok: Bloomberg)

Penangkapan Karbon

AS adalah pemimpin global dalam menangkap emisi karbon dioksida--dan keunggulannya diperkirakan akan semakin meluas berkat insentif di bawah pemerintahan Biden, menurut BloombergNEF. AS diperkirakan memiliki kapasitas untuk menangkap sebanyak 164 juta ton karbon pada tahun 2035--hampir sama dengan gabungan tiga pasar berikutnya.

Karbon ditangkap terutama dari pemrosesan gas alam dan saat ini digunakan untuk pemulihan minyak yang ditingkatkan. Sektor penangkapan karbon global menarik lebih dari US$11 miliar investasi tahun lalu--hampir dua kali lipat dari tahun 2022--dengan AS mengambil bagian 25%.

Pergerakan karbon. (Dok: Bloomberg)

(bbn)

No more pages