Logo Bloomberg Technoz

Kronologi Pencapresan Joe Biden hingga Umumkan Mundur

Redaksi
22 July 2024 06:45

Presiden AS Joe Biden (Dok: Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden petahana Joe Biden mengumumkan mengundurkan diri dari pemilihan presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS) 2024 pada Minggu (21/7/2024) waktu setempat. Biden mengatakan bahwa keputusannya untuk keluar dari perlombaan adalah demi kepentingan terbaik partainya dan negara.

"Merupakan kehormatan terbesar dalam hidup saya untuk melayani sebagai presiden Anda. Meskipun niat saya adalah untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin demi kepentingan terbaik partai dan negara saya jika saya saya mundur dan hanya memenuhi tugas saya sebagai presiden selama sisa masa jabatan," demikian pernyataan Joe Biden lewat media sosialnya, dikutip Senin (22/7/2024).

Melansir dari berbagai sumber, berikut Bloomberg Technoz rangkum kronologi pencapresan Joe Biden hingga umumkan mundur.

  1. Menang Nominasi Capres dari Partai Demokrat

Joe Biden memenangkan nominasi sebagai calon presiden (capres) dari Partai Demokrat pada Pilpres AS 2024. Berdasarkan laporan Decision Desk HQ, Biden akan memenangkan pemilihan pendahuluan calon presiden Partai Demokrat di Georgia. Hasil tersebut memberikannya jumlah delegasi yang mencukupi untuk mengamankan tiket pencapresan dari Partai Demokrat.