Logo Bloomberg Technoz

Kontrak berjangka obligasi jangka panjang AS naik lebih dari yang jangka pendek, menunjukkan pembalikan moderat dari perdagangan kurva yang dikenal terkait dengan kemenangan Donald Trump. Di Asia, kontrak berjangka ekuitas menunjukkan pembukaan yang campur aduk setelah kontrak di Australia dan Jepang turun sejalan dengan saham AS, sementara kontrak untuk saham Hong Kong tetap stabil.

Para investor telah mempertimbangkan kemungkinan yang lebih besar bahwa Trump akan memenangkan pemilihan November setelah penampilan debat Biden yang lemah, hanya untuk taruhan pada kemenangan Trump mempercepat minggu lalu setelah percobaan pembunuhan terhadap mantan presiden tersebut. 

Dolar naik untuk pertama kalinya dalam tiga minggu, sementara aset pasar negara berkembang mengalami kesulitan di tengah kekhawatiran akan tarif perdagangan yang lebih tinggi, meningkatnya ketegangan AS-China, dan kebijakan fiskal AS yang lebih longgar.

EM stocks suffered biggest weekly loss since May last week. (MSCi, Bloomberg)

Pertanyaannya bagi para investor adalah apakah mereka akan tetap pada perdagangan semacam itu sekarang setelah Biden menghentikan pencalonannya untuk pemilihan ulang. Pasar mungkin akan cemas saat para pedagang menunggu untuk melihat apakah Harris memperoleh nominasi partainya dan menilai apakah dia bisa mengumpulkan cukup momentum untuk menantang keunggulan Trump dalam jajak pendapat.

“Reaksi awal mungkin mengatakan bahwa ini negatif bagi dolar AS, namun masih terlalu awal untuk mengatakan,” kata Olga Yangol, kepala riset dan strategi pasar negara berkembang di Credit Agricole. 

“Banyak yang akan bergantung pada penampilan awal Harris dan pemilihan pasangan calon wakil presiden serta bagaimana jajak pendapat di negara-negara ayun merespons.”

S&P 500 turun 0,7% pada hari Jumat, menutup minggu terburuknya sejak April, sementara Nasdaq 100 merosot sekitar 1%. Indeks Russell 2000 yang mencakup perusahaan-perusahaan kecil turun 0,6%. 

Saham teknologi jatuh menjelang laporan pendapatan minggu ini, sementara CrowdStrike Holdings Inc, perusahaan di balik kegagalan TI besar yang menghentikan penerbangan dan mengganggu perusahaan-perusahaan di seluruh dunia, merosot hingga 15% sebelum mengurangi kerugian.

Tesla Inc. dan Alphabet Inc. akan menjadi yang pertama dari "Magnificent Seven" yang melaporkan pendapatan pada hari Selasa. Analis kemungkinan akan menekan raksasa kendaraan listrik Elon Musk mengenai kemajuan rencana mereka untuk robotaksi. Dan investor akan mendalami rincian peningkatan pendapatan induk Google dari kecerdasan buatan.

“S&P 500 telah mengalami pembersihan solid dari posisi yang diperluas dan terkonsentrasi di beberapa area pasar yang sangat dimiliki,” kata Chris Weston, kepala riset di Pepperstone Group di Melbourne.

Dengan volatilitas yang diperkirakan pada saham Tesla, Alphabet, dan IBM selama laporan pendapatan mereka, “Saya tidak akan masuk untuk membeli S&P 500 atau Nasdaq 100 untuk saat ini,” tulisnya dalam sebuah catatan.

S&P 500 technical support not seen until 50-day moving average. (Sumber: Bloomberg)

Tingkat pinjaman utama satu dan lima tahun China diperkirakan akan tetap tidak berubah pada hari Senin nanti karena bank sentral negara tersebut mengabaikan pertumbuhan kuartal kedua yang lesu.

Sebaliknya, pada akhir pekan lalu, Presiden Xi Jinping mengungkapkan rencana luas untuk memperkuat keuangan pemerintah lokal China yang berutang, sementara Partai Komunis yang berkuasa mengumumkan cetak biru jangka panjangnya untuk ekonomi terbesar kedua di dunia. 

Rencana tersebut berfokus pada pergeseran lebih banyak pendapatan dari pusat ke kas daerah, seperti dengan memungkinkan pemerintah daerah menerima bagian yang lebih besar dari pajak konsumsi.

“Seperti kebanyakan dokumen semacam ini, tidak dijelaskan bagaimana para pemimpin China berniat mencapai tujuan-tujuan tersebut, banyak di antaranya memerlukan kebijakan yang kontradiktif secara alami,” kata Bob Savage, kepala strategi dan wawasan pasar di BNY Mellon. 

“Kontradiksi antara pertumbuhan China vs. stabilitas menggantung di pasar dan aliran APAC, masih menjadikan yuan China dan komoditas fokus utama.”

Di tempat lain minggu ini, para pedagang akan fokus pada data aktivitas ekonomi di Eropa, pertumbuhan kuartal kedua AS, dan berbagai laporan pendapatan perusahaan. 

Bank of Canada akan memberikan keputusan suku bunga sementara ukuran inflasi yang diutamakan Federal Reserve juga akan diumumkan.

Beberapa pergerakan utama di pasar:

Saham

  • Kontrak berjangka S&P 500 naik 0,2% pada pukul 07:37 waktu Tokyo
  • Kontrak berjangka Hang Seng sedikit berubah
  • Kontrak berjangka S&P/ASX 200 turun 0,8%
  • Kontrak berjangka Nikkei 225 turun 1,1%

Mata Uang

  • Euro sedikit berubah di US$1,0887
  • Yen Jepang sedikit berubah di 157,49 per dolar
  • Yuan offshore sedikit berubah di 7,2852 per dolar
  • Dolar Australia sedikit berubah di $0,6691

Cryptocurrency

  • Bitcoin naik 0,8% menjadi US$68.277,63
  • Ether sedikit berubah di US$3.500

Obligasi

  • Imbal hasil obligasi Australia 10-tahun naik lima basis poin menjadi 4,33% pada hari Senin

Komoditas

  • Minyak mentah West Texas Intermediate naik 0,4% menjadi US$80,48 per barel
  • Emas spot naik 0,4% menjadi $2.409,48 per ons

(bbn)

No more pages