Logo Bloomberg Technoz

Presiden Israel-PM Inggris Puji Biden Setelah Mundur Pilpres AS

News
22 July 2024 06:10

Presiden AS Joe Biden. (Dok: Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden. (Dok: Bloomberg)
Ben Sills - Bloomberg News
Bloomberg, Sejumlah pemimpin dunia memuji Joe Biden setelah presiden Amerika Serikat ini mengumumkan mundur dari ajang pilpres 2024. Biden menjadi petahana presiden AS pertama yang mundur dari pencalonan untuk masa jabatan kedua. 

Biden, 81 tahun, mendapat tekanan luar biasa dari tokoh-tokoh senior partai Demokrat agar mundur setelah penampilan yang buruk dalam debat pertama melawan Donald Trump bulan lalu membuat banyak pihak ragu akan kemampuannya bisa mengalahkan capres partai Republik ini dan menimbulkan pertanyaan terkait kesehatan mentalnya. 

Prospek kembalinya Trump ke Gedung Putih membuat negara-negara sekutu AS di Eropa bersiap menghadapi kebijakan politik luar negeri negara itu yang lebih kasar dan bersifat transaksional. Selain itu, Ukraina tidak akan lagi menjadi perhatian utama dan pengenaan tarif akan digunakan sebagai senjaga geo-ekonomi pada China dan Eropa. 

Wakil Presiden Kamala Haris sudah didukung oleh Joe Biden untuk menggantikannya, meskipun dia tidak dikenal di Eropa dan Asia. 

Berikut reaksi sejumlah pemimpin dunia atas pengunduran diri Biden. 

Keir Starmer, Perdana Menteri Inggris

Saya menghormati keputusan Presiden Biden dan siap bekerja sama hingga masa jabatannya selesai. Saya tahu dia mengambil keputusan itu demi kepentingan rakyat Amerika Serikat. 

Olaf Scholz, Kanselir Jerman