Logo Bloomberg Technoz

Dengan mundurnya Biden, Partai Demokrat masih perlu secara resmi menominasikan calon presiden mereka pada konvensi nasional partai, yang dijadwalkan dimulai pada 19 Agustus di Chicago.

Biden memenangkan 99% delegasi yang dijanjikan dalam pemilihan pendahuluan dan kaukus yang diadakan di negara bagian dan wilayah dari Januari hingga Juni. 

Berdasarkan aturan Partai Demokrat, para delegasi tersebut "harus dengan sebaik-baiknya mencerminkan sentimen dari mereka yang memilih mereka."

Keputusan Biden mundur dan memberikan "dukungan penuh dan pengesahan" kepada Harris akan sangat mempengaruhi para delegasinya. 

Wakil presiden mengatakan pada hari Minggu bahwa dia "terhormat mendapatkan dukungan presiden dan niat saya adalah untuk meraih dan memenangkan nominasi ini."

Apakah orang lain bisa menantang Kamala Harris? 

Ya. Dalam kasus tersebut, proses seleksi bisa menjadi apa yang disebut konvensi yang diperebutkan (atau disepakati).

Setiap penantang Harris, yang berusia 59 tahun, harus mengumumkan pencalonannya sebelum pemungutan suara nominasi resmi, secara terbuka menantang pewaris yang ditunjuk.

Dalam putaran pertama pemungutan suara, hanya delegasi yang dijanjikan yang akan memberikan suara; mayoritas sederhana diperlukan untuk memenangkan nominasi. 

Setelah pemungutan suara pertama, kelompok lain yang terdiri dari 700 delegasi — yang kadang-kadang dikenal sebagai super delegasi — dapat memberikan suara. Kelompok tersebut termasuk anggota Kongres, pemimpin partai, dan tokoh-tokoh lainnya dari partai, dan mereka tidak terikat pada kandidat manapun.

Wakil Presiden AS Kamala Harris. (Dok: Bloomberg)

Mengapa Kamala Harris adalah kandidat yang diunggulkan? 

Pertama-tama, karena dia adalah pasangan Biden, uang yang sudah dikumpulkan untuk tiket tersebut akan tersedia baginya dan calon wakil presiden yang baru. 

Kampanye presiden modern adalah usaha yang sangat mahal, dan pertimbangan finansial memainkan peran yang tidak kecil. Kampanye Biden dan Partai Demokrat telah menghabiskan ratusan juta dolar untuk mencoba memilih kembali tiket Biden-Harris.

Biden dan Partai Demokrat memasuki bulan Juli dengan uang tunai sebesar US$240 juta dibandingkan dengan US$285 juta untuk Trump.

Memilih calon selain Harris bisa memerlukan pengeluaran uang lebih banyak lagi untuk memperkenalkan calon baru kepada para pemilih. 

Calon-calon yang diperkirakan termasuk Gubernur California Gavin Newsom, Gubernur Illinois J.B. Pritzker, dan Gubernur Michigan Gretchen Whitmer, meskipun CBS News melaporkan pada hari Minggu bahwa Newsom dan Whitmer berencana untuk tidak mencalonkan diri. 

Tidak satu pun dari mereka memiliki pengenalan nama nasional sebanyak Harris.

Selain itu, bagi Demokrat untuk melewatkan seorang perempuan kulit berwarna akan berisiko mengasingkan dua blok pemilih terpenting partai tersebut.

Apakah seorang presiden yang sedang menjabat pernah mundur dari perlombaan sebelumnya? 

Iya. Presiden Lyndon Johnson, seorang Demokrat, memutuskan untuk tidak mencalonkan diri untuk nominasi partainya untuk masa jabatan penuh kedua pada tahun 1968, saat protes terhadap Perang Vietnam meningkat. 

Dalam pidato di Oval Office, Johnson membuat pengumuman mengejutkan bahwa “Saya tidak akan mencari, dan saya tidak akan menerima, nominasi partai saya untuk masa jabatan lain sebagai presiden Anda.” Sebagai gantinya, Demokrat menominasikan Hubert Humphrey, Wakil Presiden Johnson, yang dikalahkan oleh Richard Nixon.

Keputusan Johnson datang pada akhir Maret — pada saat proses untuk menentukan calon presiden dari partai besar tidak secepat sekarang. Tidak seperti Biden, Johnson belum mengamankan cukup delegasi dalam pemilihan pendahuluan partai untuk memastikan nominasi.

(bbn)

No more pages