Logo Bloomberg Technoz

Presiden Biden berkumpul akhir pekan ini dengan para pembantu politiknya saat ia merencanakan untuk kembali ke jalur kampanye meskipun ada gempuran permintaan dari sesama anggota Partai Demokrat untuk mundur. 

Harris, sebagai pasangannya, dipandang sebagai salah satu penerus yang paling mungkin jika Biden mengundurkan diri dari persaingan.

Menjelang rapat umum, Gubernur Michigan Gretchen Whitmer--calon potensial atau pasangannya jika Biden benar-benar mundur dari perlombaan--dan anggota Partai Demokrat lainnya berusaha mengalihkan perhatian dari Biden dan menuju ke Proyek 2025. Proyek tersebut merupakan cetak biru tentang aborsi dan isu-isu lain yang sedang disusun oleh mantan penasihat Trump yang telah dikatakan tidak disetujui oleh mantan presiden tersebut, sebagai upaya untuk menjauhkan diri dari elemen-elemen yang tidak populer secara politik.

"Saya ingin mencalonkan diri melawan dia, sebenarnya," kata Trump, mengacu pada Whitmer, pada rapat umum di negara bagian penting yang akan sangat penting untuk menentukan pemilihan presiden 2024. "Saya akan sangat senang dengannya."

Trump juga menghabiskan beberapa menit untuk menjelaskan hubungannya dengan Tesla Inc. CEO Elon Musk baru-baru ini mendukung mantan presiden tersebut dan berencana memberikan jutaan dolar untuk kampanye pencapresannya.

Trump menceritakan beberapa panggilan telepon dengan miliarder tersebut, termasuk pembicaraan mengenai minat bisnis Musk, termasuk mobil listrik dan roket luar angkasa. Trump memuji upaya Musk, dengan mengatakan bahwa ia mampu berinovasi lebih cepat daripada pemerintah federal.

"Kita harus membuat hidup lebih baik untuk orang-orang pintar kita," kata Trump, mengacu pada Musk.

Keamanan Ketat

Keamanan di dalam dan di sekitar Van Andel Arena diperketat. Truk-truk pengangkut sampah dan polisi berjaga-jaga di jalan-jalan di sekitar fasilitas tersebut. Lantai dan hampir semua kursi di arena berkapasitas 12.000 kursi ini terisi penuh. Tempat di dalam ruangan lebih mudah diamankan daripada tempat terbuka di mana penembakan terjadi pada Sabtu lalu di Pennsylvania.

Trump, bagaimanapun, tidak mengambil hal baru yang mencerminkan seruan untuk mendinginkan retorika politik yang memanas setelah penembakan tersebut. Para hadirin meneriakkan yel-yel "lawan, lawan, lawan" di beberapa titik selama pidato Trump, menggemakan kata-kata yang diteriakkannya ketika memompa darah di wajahnya setelah dia ditembak pada rapat umum pekan lalu.

Trump tertembak peluru di telinga kanannya, tetapi dia selamat setelah seorang penembak melepaskan tembakan tak lama setelah dia mulai berpidato di rapat umum di Pennsylvania. Seorang mantan kepala pemadam kebakaran tewas dan dua orang lainnya yang berada di tengah kerumunan terluka dalam penembakan tersebut. Mantan presiden mengenakan perban kecil berwarna daging di telinganya, bukan perban besar berwarna putih seperti yang dikenakannya minggu lalu.

Marlin Eisenburg, 44 tahun, seorang pemilik usaha kecil dari Huntersville, Indiana, mengatakan bahwa ia menghadiri rapat umum minggu lalu saat Trump tertembak dan bahwa penembakan tersebut terlintas di benaknya saat ia memutuskan untuk menghadiri acara di Michigan, yang merupakan pidato ke-11 Trump.

Namun, dengan mengenakan kaos "Trump 2024, Butler, PA" yang dibelinya pada rapat umum di Pennsylvania, ia mengatakan, "saya harus mengesampingkan ketakutan saya" dan mendukung Trump.

Pasangan Baru

Rapat umum ini juga merupakan yang pertama sejak Trump menunjuk Senator Ohio JD Vance sebagai calon wakil presidennya minggu lalu. Pengumuman tersebut disampaikan pada Konvensi Nasional Partai Republik di Milwaukee yang mencapai puncaknya pada Kamis, di mana mantan presiden tersebut menjelaskan secara rinci upaya mengerikan yang terjadi dalam hidupnya.

Vance berbicara selama sekitar 13 menit sebelum pidato Trump dan mendapat sambutan hangat dari para hadirin. Pada satu titik, ia mengatakan tentang tanda "Trump-Vance" yang mereka lambaikan, "saya harus jujur, agak aneh melihat nama saya ada di tanda itu."

Vance mengatakan bahwa para pengkritik menyebut Trump dan Partai Republik radikal, tetapi ia bertanya apa yang radikal dari membuat lebih banyak barang di AS dan bukan di luar negeri seperti yang dianjurkan Trump, tidak terlibat dalam konflik luar negeri karena "terkadang itu bukan urusan kita" dan mengamankan perbatasan AS di bagian selatan untuk menghentikan arus imigran ilegal dan obat-obatan terlarang.

"Kami menginginkan AS yang bekerja untuk orang AS, dan satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan memilih kembali Donald J Trump sebagai Presiden AS," ujar Vance yang disambut sorak-sorai hadirin. "Saya akan melakukan semua yang saya bisa, saya tahu Anda juga akan melakukannya."

Trump memilih Vance, yang terkenal dengan lagu Hillbilly Elegy dan terpilih menjadi anggota Senat pada percobaan pertamanya di tahun 2022, sebagian karena ia paling selaras dengan politik populis mantan presiden tersebut dibandingkan siapa pun yang ada dalam daftar calon wakil presidennya.

Partai Republik ingin agar Vance dapat menarik perhatian para pemilih kelas pekerja di negara bagian yang disebut Tembok Biru, yaitu Michigan, Pennsylvania, dan Wisconsin. Presiden Joe Biden membawa negara-negara bagian tersebut pada tahun 2020 setelah Trump memenangkannya secara tipis pada tahun 2016.

Dalam pidato penerimaannya di Milwaukee, Vance berbicara tentang pekerja mobil di Michigan, pekerja pabrik di Wisconsin, dan pekerja energi di Pennsylvania dengan mengatakan bahwa GOP telah selesai "melayani Wall Street" dan akan "berkomitmen pada pekerja."

Beberapa pembicara di Michigan sebelum Trump dan Vance mengatakan bahwa mereka menyukai Senator Ohio meskipun dia adalah seorang Buckeye, merujuk pada persaingan ketat antara Negara Bagian Ohio dan Universitas Michigan dalam sepak bola perguruan tinggi.

Jessica Shaw, 42 tahun, seorang pekerja perawatan kesehatan di rumah dari St. Clair, Michigan, mengatakan bahwa ia menyukai Vance karena ia masih muda--ia belum genap berusia 40 tahun hingga bulan depan--dan terlihat seperti seorang pria berkeluarga yang baik. "Ia akan sangat membantu Trump dan dapat berhubungan dengan generasi yang lebih muda," ujar Shaw.

(bbn)

No more pages