Logo Bloomberg Technoz

Penurunan Inflasi AS Bantu Yakinkan The Fed Pangkas Suku Bunga

News
21 July 2024 13:30

Ilustrasi Berbelanja Ritel Amerika Serikat. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Berbelanja Ritel Amerika Serikat. (Dok: Bloomberg)

Vince Golle dan Craig Stirling - Bloomberg News

Bloomberg, Landasan menuju penurunan suku bunga Federal Reserve (The Fed) akan semakin menjadi fokus dalam beberapa minggu mendatang di tengah tanda-tanda inflasi yang mereda dan aktivitas ekonomi yang mulai menurun.

Para ekonom memperkirakan indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi dikurangi makanan dan energi--yang akan dirilis pada Jumat (26/7/2024)--naik 0,1% pada Juni untuk bulan kedua berturut-turut. Hal ini akan membawa inflasi inti tahunan tiga bulan ke laju paling lambat tahun ini, dan di bawah target Fed sebesar 2%.

Data inflasi AS. (Dok: Bloomberg)

Laporan inflasi bulanan, bagian dari pembacaan pengeluaran dan pendapatan pribadi, akan mengikuti estimasi awal pemerintah untuk produk domestik bruto kuartal kedua.

Para ekonom melihat tingkat tahunan 1,9% setelah laju 1,4% dalam tiga bulan pertama tahun ini. Hal ini akan menandai kuartal aktivitas ekonomi yang paling lambat secara berturut-turut dalam dua tahun terakhir dan, dikombinasikan dengan pertumbuhan pekerjaan dan upah yang moderat, memberikan ruang bagi para pembuat kebijakan The Fed untuk mulai melakukan pelonggaran.