Logo Bloomberg Technoz

Balas Serangan Drone Houthi, Israel Serang Kota Pelabuhan Yaman

News
21 July 2024 10:30

Tentara Israel. (Dok: Bloomberg)
Tentara Israel. (Dok: Bloomberg)

Galit Altstein dan Mohammed Hatem - Bloomberg News

Bloomberg, Israel menyerang target-target di sekitar pelabuhan Laut Merah Hodeidah yang dikuasai Houthi. Ini sebagai pembalasan atas serangan pesawat tak berawak ke Tel Aviv yang dilakukan oleh militan yang didukung Iran tersebut. Serangan ini menewaskan seorang pria dan mengekspos kerentanan dalam pertahanan udara Israel. 

Serangan udara tersebut menargetkan pembangkit listrik dan tempat penyimpanan bahan bakar, kata kelompok yang berbasis di Yaman itu. Sebuah televisi yang dikelola Houthi menunjukkan kobaran api dan asap mengepul di instalasi yang mereka katakan terkena serangan.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa pelabuhan tersebut digunakan sebagai pintu gerbang untuk memasok senjata Iran ke Houthi. "Operasi ini menghantam target yang berjarak 1.800 kilometer dari perbatasan kami," ujar Netanyahu dalam sebuah pernyataan video pada Sabtu (20/7/2024) malam. 

"Ini menjelaskan kepada musuh-musuh kita bahwa tidak ada tempat yang tidak dapat dijangkau oleh lengan panjang Negara Israel."