Logo Bloomberg Technoz

8,5 Juta Perangkat Microsoft Terdampak Down Massal CrowdStrike

News
21 July 2024 07:30

Layar Microsoft Windows Recovery ditampilkan di Bandara Internasional John F Kennedy (JFK) di New York pada 19 Juli. (Dok: Michael Nagle/Bloomberg)
Layar Microsoft Windows Recovery ditampilkan di Bandara Internasional John F Kennedy (JFK) di New York pada 19 Juli. (Dok: Michael Nagle/Bloomberg)

Lynn Doan dan Matt Day - Bloomberg News

Bloomberg, Pembaruan perangkat lunak yang salah dari perusahaan keamanan siber CrowdStrike Holdings Inc memengaruhi 8,5 juta perangkat di seluruh dunia yang bergantung pada sistem operasi Microsoft Windows.

Microsoft Corp memberikan cakupan penuh pemadaman teknologi dan informasi (TI) di seluruh dunia untuk pertama kalinya dalam sebuah unggahan blog pada Sabtu (20/7/2024), dengan mengatakan bahwa mereka yang terkena dampaknya mewakili kurang dari 1% dari semua perangkat yang menggunakan Windows. 

"Meskipun persentasenya kecil," kata perusahaan yang berbasis di Redmond, Washington, Amerika Serikat, namun ada "dampak ekonomi dan sosial yang luas."

Dalam peristiwa yang akan tercatat sebagai kegagalan TI paling dahsyat yang pernah terjadi di dunia, pembaruan CrowdStrike merusak sistem bisnis dan pemerintah di seluruh dunia, melumpuhkan operasi mereka selama berjam-jam. Saluran tanggap darurat terputus. Ribuan penerbangan ditunda dan dibatalkan. Rumah sakit terpaksa menunda prosedur, dan perdagangan di seluruh pasar melambat.