Logo Bloomberg Technoz

BYD Yakin Menangkan Persaingan Mobil Listrik di RI, Ini Alasannya

Pramesti Regita Cindy
20 July 2024 15:30

Pengunjung mengunjungi booth BYD yang dipamerkan dalam ajang GIIAS 2024 di ICE BSD, Jumat (19/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Pengunjung mengunjungi booth BYD yang dipamerkan dalam ajang GIIAS 2024 di ICE BSD, Jumat (19/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Raksasa kendaraan listrik asal China, Build Your Dreams (BYD) merasa tak masalah dengan adanya persaingan elektrifikasi kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) dari berbagai negara yang kian marak di pasar otomotif mobil Indonesia. 

Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao justru meyakini bahwa pihak yang memegang teknologi pada pasar EV akan menjadi pihak yang akan unggul di kelasnya. 

"Kami percaya era elektrifikasi sudah hadir, dan ini hanya tergantung dari perbedaan negara dan perbedaan dari pasarnya masing-masing. Jadi kami percaya di dunia otomotif siapa yang memiliki teknologi utama [core technology] itu yang akan memimpin industri otomotif," jelas Zhao ketika ditemui di Agenda GIIAS 2024 di Tangerang, Jumat (19/7/2024). 

Lebih lanjut, Zhao bahkan mengklaim BYD telah sejak 20 tahun yang lalu mulai mengembangkan elektrifikasi pada mobil di China. Zhao menceritakan hal tersebut pertama kali dilakukan dalam salah satu ajang Motor Show di Shanghai, China. 

"Byd sudah memasuki industri elektrifikasi sejak 20 tahun yang lalu. Ketika itu ada satu auto Show di Cina dan BYD yang satu-satunya menunjukkan review konsep EV car di auto show tersebut. Oleh karenanya sejak 20 tahun yang lalu BYD sangat-sangat mendukung dan untuk melakukan riset dan development," sambungnya.