Logo Bloomberg Technoz

Telepon Zelenskiy, Donald Trump Janji Akhiri Perang Ukraina-Rusia

News
20 July 2024 14:30

Donald Trump. (Dok: Bloomberg)
Donald Trump. (Dok: Bloomberg)

Daryna Krasnolutska dan Akayla Gardner - Bloomberg News

Bloomberg, Donald Trump melakukan pembicaraan via telepon yang “sangat baik” dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy. Dia kembali berjanji untuk mencapai kesepakatan yang dapat mengakhiri perang dengan Rusia — meskipun tanpa menjelaskan bagaimana dia akan melakukannya.

Kedua pria tersebut berbicara pada Jumat (19/07/2024), kata Trump dalam sebuah postingan di platform Truth Social miliknya. Dia menambahkan bahwa dia menghargai Zelenskiy “karena telah menghubungi” dan berjanji Rusia dan Ukraina akan “bersatu dan bernegosiasi untuk mengakhiri kekerasan dan membuka jalan menuju kemakmuran.”

Zelenskiy mengkonfirmasi pertemuan tersebut dalam sebuah postingan di X. Dia mengatakan telah memberi selamat kepada Trump karena resmi dicalonkan sebagai presiden dari Partai Republik di konvensi partainya di Milwaukee minggu ini. Dia juga mengutuk apa yang dia sebut sebagai “upaya pembunuhan yang mengejutkan” terhadap Trump akhir pekan lalu.

“Ukraina akan selalu berterima kasih kepada Amerika Serikat atas bantuannya dalam memperkuat kemampuan kami dalam melawan teror Rusia,” kata Zelenskiy. Tanpa mengatakan secara eksplisit, dia tampaknya mengindikasikan bahwa dia dan Trump setidaknya telah membuat rencana tentatif untuk bertemu.