Logo Bloomberg Technoz

Bitcoin Sentuh US$67 Ribu, Didorong Spekulasi Kemenangan Trump

News
20 July 2024 11:30

Bitcoin. (Dok: Bloomberg)
Bitcoin. (Dok: Bloomberg)

Benjamin Taubman - Bloomberg News

Bloomberg, Bitcoin melampaui US$67.000 untuk pertama kalinya dalam lebih dari sebulan. Hal ini menghidupkan kembali spekulasi bahwa mata uang kripto terbesar tersebut mungkin akan segera mencapai rekor tertinggi baru di tengah optimisme bahwa masa jabatan kedua Trump akan menguntungkan aset digital.

Kenaikan hampir 6% menjadi US$67.434 pada Jumat (19/07/2024) oleh pelopor pasar kripto ini membantu mengangkat nasib token yang lebih kecil seperti Solana, Dogecoin, dan Avalanche, yang semuanya naik lebih dari 3%. Bitcoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa di hampir US$74.000 pada bulan Maret di tengah optimisme atas permintaan akan exchange-traded fund (ETF) AS yang untuk pertama kalinya diizinkan untuk memegang token secara langsung.

Meningkatnya kemungkinan calon dari Partai Republik Donald Trump menjadi presiden mendorong Bitcoin dan seluruh pasar mata uang kripto menjadi lebih tinggi, menurut CEO FRNT Financial Stephane Ouellette. Itu karena, jika terpilih kembali, pemerintahan Trump untuk yang kedua kalinya akan menciptakan lingkungan regulasi yang jauh lebih menguntungkan bagi industri kripto, katanya.

"Kita berada di ambang siklus pasar bullish lainnya, mirip dengan 2021," kata Ouellette. Bitcoin mencapai rekor tertinggi sebelumnya pada akhir 2021.

Grafik pergerakan harga Bitcoin. (Sumber: Bloomberg)