Logo Bloomberg Technoz

Satu korban tewas merupakan peserta kampanye, dan dua orang lainnya yang juga peserta kampanye mengalami luka parah dan dalam kondisi kritis. Ketiga korban merupakan pria dewasa. 

FBI mengidentifikasi tersangka penembakan yakni Thomas Matthew Crooks, warga lokal berusia 20 tahun dari Bethel Park, Pennsylvania. Menurut catatan publik, Crooks terdaftar sebagai anggota Partai Republik, tetapi pada tahun 2021 dia memberikan sumbangan kecil kepada kelompok yang mendukung Partai Demokrat.

Desakan Biden Mundur dari Pemilu

Joe Biden berada di bawah tekanan yang semakin besar dari para donor dan anggota Partai Demokrat terpilih di Washington untuk mundur dari kampanye setelah penampilannya yang buruk dalam debat melawan Trump bulan lalu. Mogul Hollywood Jeffrey Katzenberg, salah satu ketua kampanye terpilihnya kembali Joe Biden, mengatakan kepada presiden AS tersebut bahwa kesabaran para donornya semakin menipis.

Menurut laporan Semafor, mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut, Biden bertemu dengan Katzenberg di Las Vegas pada Rabu (17/07/2024) dan diberi peringatan bahwa para donor sudah berhenti memberikan cek dalam jumlah besar.

John Hickenlooper, senator dari Colorado, menjadi angota Partai Demokrat terbaru di majelis tinggi yang secara terbuka menyarankan bahwa Biden harus mundur demi kepentingan negara. Pemimpin Minoritas DPR Hakeem Jeffries bergabung dengan Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer dalam mengeluarkan pernyataan yang tidak menyangkal bahwa mereka telah menekan presiden untuk keluar dari pencalonan atau menyatakan dukungan untuk pencalonan Biden.

Eksekutif Blackstone Inc dan miliarder donor Partai Demokrat Jon Gray mengatakan dia berharap Biden mempertimbangkan bahwa kepresidenan adalah "pekerjaan fisik yang sangat menantang."

Pukulan terberat: sebuah laporan di Washington Post bahwa mantan Presiden Barack Obama memberi tahu sekutu-sekutunya bahwa jalan Biden menuju kemenangan sudah sangat berkurang. Dia percaya mantan rekan sejawatnya itu perlu serius mempertimbangkan apakah kampanyenya tetap layak.

Perlambatan Ekonomi AS

Semakin banyak ekonom Wall Street yang memperingatkan bahwa bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) terlalu lama menunda pembalikan arah kebijakannya setelah menaikkan suku bunga ke level tertinggi dalam dua dekade.

Data inflasi yang moderat dalam tiga bulan terakhir, dikombinasikan dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi AS dan peningkatan angka pengangguran, mendorong seruan agar bank sentral menurunkan suku bunga pada pertemuan kebijakan mendatang yang akan diadakan dua minggu dari sekarang.

Langkah semacam itu tampaknya sangat tidak mungkin terjadi. Gubernur The Fed Jerome Powell, dalam sebuah acara di Washington pada Senin (15/07/2024), mengatakan dia tidak akan memberikan petunjuk tentang waktu penurunan suku bunga, dan sebagian besar rekan-rekannya di Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang menetapkan kebijakan tampaknya masih belum yakin tentang perlunya tindakan segera.

Namun risiko untuk menunggu semakin besar, menurut sejumlah tokoh terkemuka termasuk Kepala Ekonom Goldman Sachs Jan Hatzius, Presiden Queens' College Mohamed El-Erian, dan Neil Dutta dari Renaissance Macro Research.

"Kami melihat alasan kuat untuk penurunan suku bunga pada pertemuan 30-31 Juli," kata Hatzius dalam laporan yang diterbitkan Senin. "Jika alasan untuk penurunan sudah jelas, mengapa harus menunggu tujuh minggu lagi sebelum melakukannya?"

FOMC diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuannya tetap stabil pada bulan Juli untuk pertemuan kedelapan berturut-turut, menandai satu tahun sejak pertama kali mencapai kisaran target 5,25% hingga 5,5% saat ini. Investor bertaruh pada setidaknya dua penurunan suku bunga sebelum akhir 2024, dimulai pada September, menurut kontrak berjangka.

Mahathir Mohamad Dirawat di RS

Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad telah dirawat di rumah sakit di Institut Jantung Nasional sejak Senin (15/7/2024), menurut kantornya.

Pria berusia 99 tahun ini dirawat karena batuk, juru bicaranya, Sufi Yusoff, mengatakan kepada Bloomberg News pada Kamis (18/7/2024).

Mahathir telah keluar masuk rumah sakit selama beberapa tahun terakhir dan menderita serangan jantung serta Covid.

Dia dirawat di rumah sakit pada awal tahun ini selama 53 hari. Dia termasuk di antara orang-orang yang sedang diselidiki oleh lembaga anti-korupsi Malaysia untuk hal-hal yang berkaitan dengan deklarasi aset.

WNI Tewas di Jerman

Seorang warga negara Indonesia (WNI) ditemukan meninggal dunia atas dugaan pembunuhan oleh suami.

Kabar tersebut disampaikan oleh Direktur Pelindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu RI) Judha Nugraha dalam pesan singkat kepada awak media, yang mengatakan seorang WNI dengan inisial YCH (34 tahun) ditemukan meninggal dunia di kediamannya pada 9 Juli 2024. Pihak kepolisian Jerman dikatakan masih menyelidiki lebih lanjut peristiwa ini.

"Terdapat dugaan YCH merupakan korban pembunuhan. Media lokal setempat telah memberitakan peristiwa pembunuhan YCH oleh suaminya yang berkewarganegaraan asing," ungkap Judha.

"Diberitakan pula bahwa suami YCH selanjutnya melakukan bunuh diri," lanjutnya.

(del)

No more pages