Logo Bloomberg Technoz

Pelantikan Sudaryono dan Prediksi Peta Pilkada Jateng

Mis Fransiska Dewi
19 July 2024 17:10

Pelantikan Wamen Sudaryono (YouTube Sekretariat Presiden)
Pelantikan Wamen Sudaryono (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin berpendapat dilantiknya kader Partai Gerindra, Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian merupakan kompromi politik untuk menempatkan kepada Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi yang akan maju di Pilkada Jawa Tengah. 

Menurut Ujang, kompromi itu terjadi antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto. Melalui kompromi itu, kata dia, Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan serta merta mendukung Ahmad Luthfi.

“Ada komunikasi, ada deal, ada kompromi yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Sehingga penambahan kursi menteri terjadi dari orang-orang terdekat Prabowo dan orang dekat Jokowi pun ada, jadi calon gubernur di Jateng yaitu Ahmad Luthfi,” kata Ujang saat dihubungi, Jumat (19/7/2024). 

Ujang tak menampik bahwa putra bungsu Jokowi Kaesang Pangarep berpotensi untuk didukung mendampingi Ahmad Luthfi. Nama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu memang disebut-sebut akan maju di Jakarta atau Jawa Tengah.

Di sisi lain, Ujang menilai elektabilitas Kaesang di Jakarta saat ini masih rendah yakni 1%.