Logo Bloomberg Technoz

Siap-siap Bunga Turun, Simak Saham yang Berpotensi Cuan

Muhammad Julian Fadli
19 July 2024 17:30

Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (IHSG). (Bloomberg Tachnoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (IHSG). (Bloomberg Tachnoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Para pejabat Bank Sentral Amerika Serikat (Federal Reserve/The Fed) bersiap untuk memangkas suku bunga pada September di tengah keyakinan yang meningkat akan memberikan keuntungan bagi sejumlah saham potensial yang sensitif terhadap kebijakan tersebut.

Ekspektasi tersebut mengutip probabilitas di CME FedWatch Tools siang ini, mencapai 93,5% memperkirakan akan ada penurunan Federal Funds Rate pada September.

Kemudian berlanjut pada November dan Desember sehingga total ada tiga kali probabilitas pemangkasan suku bunga di sisa tahun ini. Hal itu akan menjadi momen historis setelah dunia menyaksikan reli kenaikan bunga paling agresif AS dalam empat dekade.

Head Of Research Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan memaparkan, antisipasi pemangkasan The Fed Rate di September 2024 mendorong saham-saham rate-sensitive, terutama saham bank, properti dan real estate, juga termasuk otomotif sebaiknya dicermati.

“Terutama bank big 4 dapat kembali dicermati,” mengutip riset harian Phintraco perihal pemangkasan suku bunga acuan oleh The Fed.