Logo Bloomberg Technoz

Adapun kriteria masyarakat penerima bantuan ini merupakan seluruh masyarakat Indonesia yang terdaftar di data kependudukan dan diberikan untuk satu kali pembelian KBL Berbasis Baterai Roda Dua yang dilakukan oleh masyarakat dengan satu nomor induk kependudukan yang sama.

Ilustrasi motor listrik Electrum

Cara Pengajuan
Sisapira adalah platform milik pemerintah yang menjadi kanal untuk menyalurkan subsidi motor listrik. Sistem ini bekerja dengan cara menyalurkan subsidi motor listrik melalui diler dan manufaktur yang ada di Indonesia.

Pada tahap pertama, konsumen menunjukkan KTP ke pihak diler yang juga sudah terdaftar di Sisapira. Setelah itu pihak diler akan melakukan cek Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Sisapira.

Berikutnya, dilakukan pengisian data di Sisapira, mulai dari alamat, nomor telpon, STNK, nomor plat, dan foto verifikasi. Setelah itu konsumen sudah langsung dapat potongan harga dari diler yang disubsidi pemerintah. Berdasarkan Permenperin Nomor 21/2023, motor listrik di Indonesia berhak mendapatkan subsidi senilai Rp 7 juta per unit.

Sebelumnya, dalam keterangan resmi, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan ada dua alasan kenapa kuota subsidi listrik pada 2023 tidak terpenuhi.

Pertama, penyaluran subsidi baru dimulai April 2023 dan syarat-syaratnya yang disederhanakan baru berlaku September 2023.

“Pada 19 September 2023, pemerintah mengubah syarat penerima Bantuan Pembelian KBLBB menjadi satu KTP per unit motor sehingga lebih mudah dan terbuka untuk semua kalangan. Perubahan persyaratan itu mendorong peningkatan pembelian sebesar 567%,” kata Menperin, dalam siaran pers, Senin (15/1/2024).

Kedua, berkaitan dengan kemampuan komponen baterai yang diproduksi. Hal ini karena pengisian daya yang dinilai terlalu lama membuat minat masyarakat akan motor listrik menjadi rendah. Guna mengatasi ini, Kemenperin aktif menjalin komunikasi dengan para produsen sepeda motor listrik untuk menetapkan standarisasi baterai. 

“Bagi konsumen mobil dan motor listrik, salah satu yang penting kan baterai. Jadi komponen tersebut harus bisa memiliki durasi yang lama, panjang, dan baterainya harus bisa mudah di-charge. Jadi baterai itu menjadi kunci terhadap keberhasilan program mobil dan motor listrik,” kata Agus.

Menperin optimistis target program subsidi motor listrik pada tahun 2024 akan bisa tercapai, sejalan dengan mulai ramainya produk yang dipasarkan sehingga konsumen bisa memilih lebih banyak sesuai kebutuhan. 

Hal senada juga diutarakan oleh Dannif Danusaputro Ketua Umum Asosiasi Ekosistem Mobilitas Listrik (AEML)). “Kita melihat tahun 2024 akan menjadi tahun momentum. Beberapa pabrik sel baterai kendaraan listrik dibangun dan diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo tahun ini. Dengan produksi sel baterai di dalam negeri, kita berharap biaya pembuatan sel baterai itu dapat ditekan sehingga harga jual kendaraan listrik yang ditawarkan kepada masyarakat dapat lebih kompetitif lagi.”

(ibn/dba)

No more pages