Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi Malaysia Q2-2024 Melesat 5,8%, Dipicu Investasi & Ekspor

News
19 July 2024 15:10

Ekonomi Malaysia (Sumber: Bloomberg)
Ekonomi Malaysia (Sumber: Bloomberg)

Anisah Shukry - Bloomberg News

Bloomberg.  Ekonomi Malaysia tumbuh dengan kecepatan tertinggi dalam enam kuartal, menunjukkan pemulihan yang terlihat pada awal tahun ini semakin cepat.

Produk domestik bruto (PDB) tumbuh 5,8% pada kuartal April-Juni dibandingkan tahun lalu, tercepat sejak kuartal Desember 2022 dan lebih cepat dari perkiraan tertinggi yaitu 5,1% dalam survei Bloomberg. Kinerja ini mengikuti ekspansi 4,2% yang terlihat dalam tiga bulan pertama tahun 2024.

Negara dengan perekonomian senilai US$400 miliar ini, yang tumbuh dengan laju tercepat di kawasan ini sebesar 8,7% pada tahun 2022, mengalami pertumbuhan moderat tahun lalu di tengah permintaan global yang lesu. Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan output ekonomi akan meningkat tahun ini menjadi 4,4% dari 3,7% pada tahun 2023.

Malaysia baru-baru ini menarik investasi miliaran dolar dari perusahaan seperti Google dan Microsoft Corp ketika Perdana Menteri Anwar Ibrahim memposisikan Malaysia sebagai pusat teknologi regional. Pada saat yang sama, ekspor tumbuh selama tiga bulan berturut-turut pada bulan Juni dan diperkirakan akan semakin meningkat berkat siklus teknologi global, menurut bank sentral. Pemberian uang tunai dan kenaikan gaji untuk pegawai negeri sipil juga akan mendukung konsumsi domestik.