Logo Bloomberg Technoz

Daftar Calon Kepala Daerah yang Diusung Golkar di Pilkada 2024

Mis Fransiska Dewi
19 July 2024 13:04

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Golkar resmi mengeluarkan 10 surat keputusan (SK) untuk pilkada provinsi dan 21 SK untuk pilkada kabupaten/kota. SK ini digunakan untuk mengusung calon kepala daerah pada Pilkada serentak 27 November mendatang. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar Lodewijk F. Paulus mengungkapkan,  surat keputusan merupakan penetapan final dari partai setelah mempertimbangkan serangkaian faktor, termasuk survei-survei internal.

"Surat keputusan ini sifatnya final dan mengikat, dan itu menjadi persyaratan untuk diajukan ke KPU (Komisi Pemilihan Umum) ataupun KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) setempat," kata Lodewijk dalam konferensi pers dikutip Jumat (19/7/2024). 

Dari daftar nama pasangan calon itu, Partai Golkar memasangkan kader-kadernya dengan kader dari partai lain, misalnya Surya, yang merupakan calon wakil gubernur di Sumatera Utara mendampingi menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution dari Partai Gerindra.

Kemudian, ada juga Rohidin Mersyah sebagai calon gubernur Provinsi Bengkulu juga berpasangan dengan Meriani, kader Partai Gerindra.