Logo Bloomberg Technoz

Dua Kapal Tanker Kebakaran di Singapura, Evakuasi Dilakukan

News
19 July 2024 14:30

Kapal tanker minyak./Bloomberg-Patrick T. Fallon
Kapal tanker minyak./Bloomberg-Patrick T. Fallon

Yongchang Chin - Bloomberg News

Bloomberg, Otoritas Maritim dan Pelabuhan (Maritime and Port Authority/MPA) Singapura mengatakan dua kapal tanker terbakar sejak Jumat (19/07/2024) pagi di sebelah timur negara tersebut.

Hafnia Nile, kapal tanker produk olahan berbendera Singapura, dan Ceres I, kapal tanker minyak mentah yang berlayar di bawah bendera Sao Tome & Principe, berada 55 km timur laut dari pulau kecil Pedra Branca, di pintu masuk timur Selat Singapura.

Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan kebakaran tersebut, meskipun kapal tua Ceres I khususnya, menggarisbawahi risiko lingkungan dan manusia yang timbul dari perluasan armada gelap, yaitu kapal tua yang mengangkut minyak mentah ilegal, melalui salah satu jalur air tersibuk di dunia. Transfer minyak antar-kapal adalah kejadian yang relatif umum di perairan lepas pantai selatan Semenanjung Malaysia.

Ceres I mengangkut kargo dari Iran dan Venezuela awal tahun ini dan tahun lalu, menurut data dari firma intelijen pasar Kpler. Kapal ini dibangun pada 2001, yang berarti kapal ini masih digunakan jauh setelah sebagian besar pemilik kapal akan mempertimbangkan untuk membuang kapal tersebut. Selain itu, asuransi P&I kapal ini tidak diketahui, sebuah karakteristik yang umum dimiliki oleh hampir semua kapal armada gelap, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.