Logo Bloomberg Technoz

Perdana Menteri Sheikh Hasina berusaha meyakinkan para mahasiswa, meminta mereka untuk percaya pada pengadilan karena kasus terhadap sistem kuota sedang dipertimbangkan. Namun, dia juga berjanji untuk menindak tegas mereka yang bertanggung jawab atas kekerasan, dengan mengatakan dalam pidato di televisi pada Rabu (17/07/2024) bahwa komite yudisial akan menyelidiki kekacauan tersebut.

Para pengunjuk rasa mengatakan sistem kuota telah mengecualikan pencari kerja baru demi pendukung Hasina, yang partainya memimpin gerakan untuk memisahkan diri dari Pakistan. Mereka ingin sistem tersebut diganti dengan sistem berbasis prestasi.

Bekerja sebagai PNS sangat diminati di Bangladesh dan menjadi semakin penting karena perekonomian negara tersebut sedang berjuang untuk pulih setelah pandemi dan pertumbuhan yang kuat selama bertahun-tahun. Protes yang sebagian besar didorong oleh mahasiswa dimulai bulan lalu, tetapi berubah menjadi bentrokan awal pekan ini. Sekarang, partai oposisi utama Bangladesh bergabung dalam demonstrasi.

(bbn)

No more pages