Logo Bloomberg Technoz

Untuk SpaceX, sisi politiknya lebih jelas dan lebih luas. Platform Partai Republik yang dibentuk oleh Trump menyerukan untuk meningkatkan kemitraan pemerintah dengan sektor ruang angkasa komersial, yang didominasi oleh perusahaan Musk. Platform ini juga berisi janji untuk mengirim astronot Amerika Serikat (AS) kembali ke Bulan dan ke Mars, yang secara virtual menggemakan misi multiplanet SpaceX.

Potensi keuntungan yang bisa didapat dari Elon Musk sebagai donatur utama adalah meyakinkan Trump untuk secara teratur memposting lagi di jejaring sosial milik Musk, X, yang akan mendorong trafik ke platform. Trump memiliki sekitar 87,6 juta followers.

Apakah iklan di X akan mengikuti masih belum jelas, tetapi kembalinya Trump kemungkinan akan memperkuat relevansi kultur X dan lebih jauh memposisikan platform ini sebagai tempat yang disambut baik oleh para pengguna yang berhaluan kanan.

Media sosial Trump di X (dulu bernama Twitter).

“Elon Musk adalah kapitalis, dan Trump adalah kapitalis yang berjiwa sama,” kata Lou Peluso, direktur pelaksana Alvarez & Marsal yang turut memimpin kelompok industri kedirgantaraan, pertahanan, penerbangan, dan ruang angkasa di firma konsultan tersebut.

“Elon Musk berharap akan ada lingkungan yang lebih menguntungkan bagi banyak bisnisnya, apakah itu rintangan peraturan yang lebih sedikit atau dukungan yang lebih menguntungkan untuk mendorong pertumbuhan.”

Elon Musk tidak menanggapi email yang meminta komentar. Dalam membalas salah satu follower-nya yang memprediksi pada hari Rabu bahwa Trump akan merebut kembali Gedung Putih dan memiliki hubungan yang baik dengannya, Elon Musk menulis: “Ini akan berjalan dengan baik.”

Ajakan Trump untuk mengatur regulasi dan memperjuangkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan inovasi lainnya sangat sesuai dengan upaya pengembang chatbot xAI milik Musk, startup pembuat implan otak manusia, Neuralink, dan kreator ide pembuatan terowongan The Boring Company. 

Namun, perusahaan yang paling dipertaruhkan adalah dua perusahaannya paling berharga.

SpaceX. (Dok: Bloomberg)

Pengurangan Inflasi

Inflation Reduction Act (IRA) yang ditandatangani Presiden Joe Biden menjadi undang-undang pada Agustus 2022 membuat pelanggan Tesla harus memenuhi syarat untuk mendapatkan kredit pajak federal US$7.500, dan juga mencakup insentif bagi perusahaan untuk membuat sel dan kemasan baterai di Amerika Utara.

Tesla dan mitra baterainya, Panasonic Holdings Corp dari Jepang, siap meraup miliaran lebih banyak kredit pajak manufaktur di tahun-tahun mendatang dibandingkan perusahaan lain, demikian prediksi peneliti Benchmark Mineral Intelligence tahun lalu.

Elon Musk telah berusaha meremehkan hilangnya fasilitas-fasilitas ini pada hari-hari sejak ia mendukung Trump pada 13 Juli.

“Cabutlah subsidi-subsidi itu. Itu hanya akan membantu Tesla. Juga, hapus subsidi dari semua industri!” Elon Musk memposting di X tiga hari kemudian.

Tahun 2023, bagaimanapun, Tesla mendiskon salah satu kendaraan yang lebih mahal, Model S, lebih dari US$40.000 untuk memenuhi syarat kendaraan jenis sedan untuk mendapatkan kredit pajak. Elon Musk juga menyebut IRA sebagai “sangat membantu” dan “ditulis dengan baik” dalam sebuah wawancara dengan CNBC.

Elon Musk, CEO Tesla.

Elon Musk kemudian menuduh pemerintahan Joe Biden terlibat dalam “permainan hukum” terhadap dirinya dan perusahaannya, meskipun beberapa perselisihan dengan regulator terjadi sebelum masa kepresidenan Biden.

Serangkaian kasus dan investigasi Tesla berkisar dari Departemen Kehakiman yang menyelidiki potensi pelanggaran keuntungan pribadi, berbagai jenis kendaraannya yang diiklankan dan fitur-fitur yang dipasarkan oleh produsen mobil seperti Autopilot dan Full Self-Driving; Komisi Kesetaraan Kesempatan Kerja AS (US Equal Employment Opportunity Commission) yang menuduh adanya diskriminasi rasial di pabrik perusahaan di dekat San Fransisco; dan temuan Dewan Hubungan Perburuhan Nasional (National Labor Relations Board’s) yang menyatakan bahwa Elon Musk secara ilegal mengancam para pekerja untuk tidak berserikat.

Bulan lalu, Elon Musk mengatakan kepada seorang pemegang saham Tesla bahwa ia bisa bersikap persuasif, ketika ditanya bagaimana ia bisa mendapatkan pujian dari Trump meskipun ia mengkritik mobil listrik.

“Saya telah melakukan beberapa percakapan dengannya, dan dia memanggil saya secara tiba-tiba tanpa alasan,” kata Musk. “Banyak teman-temannya sekarang memiliki Tesla, dan mereka semua menyukainya, dan dia adalah penggemar berat Cybertruck. Jadi, saya pikir itu mungkin merupakan faktor yang berkontribusi.”

Dorongan Aktivitas Luar Angkasa

Donald Trump. (Dok: Bloomberg)

Trump telah memberikan pujian yang tinggi terhadap SpaceX sejak masa jabatan pertamanya, termasuk ketika perusahaan yang sangat dekat dengannya itu menjamu dia untuk peluncuran pada Mei 2020.

“Ini adalah bayi Anda,” kata Trump kepada Musk saat pengarahan peluncuran di Kennedy Space Center di Florida.

“Sejauh ini, ini adalah fokus utama, tentu saja,” jawab Musk.

SpaceX mengangkut astronot ke dan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (Space Station for National Aeronautics) untuk Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) dan meluncurkan muatan militer yang sensitif untuk militer AS, termasuk Angkatan Antariksa AS, yang dibentuk selama masa kepresidenan Trump.

Selain mengupayakan kontrak pemerintah senilai miliaran dolar AS - yang telah mengalir ke SpaceX selama Biden berada di Gedung Putih - Musk dapat mendorong pemerintahan Trump mempertimbangkan kembali pengecualian bisnis internet berbasis ruang angkasa perusahaan. Pengecualian yang berdampak pada penerimaan subsidi federal senilai US$886 juta untuk menyediakan layanan broadband ke masyarakat pedesaan.

Komisi Komunikasi Federal (FCC) menolak permintaan subsidi dari unit Starlink SpaceX pada bulan Agustus 2022, dengan alasan bahwa teknologi perusahaan tersebut masih berkembang dan kecepatan layanannya belum memadai. Perusahaan mengajukan banding yang ditolak pada bulan Desember.

“Saya yakin Musk memiliki daftar” tentang apa yang dia inginkan, kata Peluso dari Alvarez & Marsal. “Yang membedakan Elon adalah ini: Tidak ada orang lain yang bersedia menanggung, secara terbuka, apa agendanya dengan cara yang tidak kenal takut.”

(bbn)

No more pages