Logo Bloomberg Technoz

Ritel Modern RI Ingin Go Global, tetapi Butuh Bantuan Modal

Pramesti Regita Cindy
19 July 2024 13:40

Konsumen berbelanja di supermarket./Bloomberg-Natalie Naccache
Konsumen berbelanja di supermarket./Bloomberg-Natalie Naccache

Bloomberg Technoz, Jakarta Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah menyebut pelaku industri ritel modern di Tanah Air tengah membutuhkan bantuan atau dorongan modal dari pemerintah untuk melaksanakan ekspansi ke pasar global.

Selain itu, fasilitasi distribusi atau logistik yang efisien juga diharapkan agar menjadi katalis untuk meningkatkan laju ekspansi ritel modern lokal ke luar negeri.

"Cuma masalahnya [selama ini] itu di permodalan, karena di luar negeri itu [peritel Indonesia] butuh effort yang lebih untuk membantu brand Indonesia," ujar Budi, dihubungi Jumat (19/7/2024).

Ilustrasi Toko Alfamidi (Dok perusahaan)

Berkaitan dengan hal tersebut, Budi mengacu kepada sejumlah jenama ritel modern dalam negeri yang telah sukses melakukam ekpansinya ke pasar ritel global, dan diterima secara baik di pangsa pasar tersebut, karena konsep yang jelas serta standar operasional prosedur atau SOP yang baik.

Untuk itu, dia meyakini dengan strategi pemasaran yang tepat, brand ritel Indonesia lainnya —terlebih yang telah mampu bersaing — dapat memenuhi permintaan pasar global.