Logo Bloomberg Technoz

RI Mau Bikin Solar Rendah Sulfur, di AS Harganya Rp17 Ribuan

Dovana Hasiana
19 July 2024 09:40

Pengisian bahan bakar minyak./Bloomberg-Benson Ibeabuchi
Pengisian bahan bakar minyak./Bloomberg-Benson Ibeabuchi

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga bahan bakar minyak (BBM) rendah sulfur di Amerika Serikat (AS) berada dalam rentang US$3 hingga US$4 per galon atau Rp16.000 hingga Rp17.000 per liter. 

Ekonom energi dari Universitas Padjadjaran Yayan Satyakti juga mengutip data Energy Information Administration (EIA) yang melaporkan bahwa harga solar atau diesel rendah sulfur lebih mahal dibandingkan dengan yang memiliki sulfur tinggi.

“Jika menggunakan data history seperti EIA, harga high sulphur diesel fuel dengan low sulphur diesel fuel, lebih mahal low sulphur dengan selisih 15%—25% lebih mahal,” ujar Yayan saat dihubungi, Jumat (19/7/2024).

Di lain sisi, Yayan menganggap BBM rendah sulfur buatan Indonesia —yang bakal diujicobakan oleh pemerintah dalam waktu dekat — seharusnya memiliki harga yang sama dengan harga Solar yang ada saat ini.

Bila BBM rendah sulfur tersebut digunakan untuk menggantikan Jenis BBM Tertentu (JBT) Solar, harganya seharusnya dipatok Rp6.800/liter.

Seorang petugas mengisi bahan bakar jerigen dengan solar di SPBU PT Pertamina di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan./Bolomberg-Dimas Ardian