Logo Bloomberg Technoz

The Fed Siap Pangkas Suku Bunga September, Fokus ke Pasar Pekerja

News
19 July 2024 08:50

Jerome Powell, Ketua the Fed (Dok: Bloomberg)
Jerome Powell, Ketua the Fed (Dok: Bloomberg)

Craig Torres dan Amara Omeokwe - Bloomberg News

Bloomberg, Selama lebih dari dua tahun, inflasi menjadi perhatian utama bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed). Namun, dalam pergeseran yang dinantikan pasar global, situasinya akan berubah.

Para pejabat bank sentral AS bersiap untuk menurunkan suku bunga pada bulan September di tengah keyakinan yang meningkat bahwa stabilitas harga sudah di depan mata - sementara risiko terhadap pasar tenaga kerja meningkat. Mereka telah meletakkan dasar untuk langkah ini dalam pidato-pidato selama beberapa minggu terakhir, dan Gubernur Jerome Powell kemungkinan akan membahasnya lebih eksplisit setelah pertemuan kebijakan pada 30-31 Juli.

Memang belum sepenuhnya pasti. Para pejabat The Fed masih ingin melihat angka harga konsumen bulanan terus turun menuju target inflasi tahunan 2% sebelum mereka berkomitmen untuk menurunkan biaya pinjaman dari level tertinggi dalam dua dekade. Tetapi Powell dan rekan-rekannya juga bertekad untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan mencapai soft landing bagi ekonomi AS, yang menunjukkan setidaknya beberapa tanda perlambatan.

"Ini bukan hanya tentang menurunkan inflasi," kata Powell kepada anggota parlemen DPR pada 10 Juli. "Kita perlu memperhatikan keadaan pasar tenaga kerja."

Grafik pergerakan inflasi AS. (Sumber: Bloomberg)