Logo Bloomberg Technoz

Data klaim tunjangan pengangguran awal AS pada Kamis menunjukkan peningkatan terbesar sejak awal Mei, sebagai tanda pendinginan di pasar tenaga kerja yang mendukung ekspektasi bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) akan segera menurunkan suku bunga.

Bank sentral semakin dekat untuk mengurangi biaya pinjaman pada bulan September di tengah meningkatnya keyakinan bahwa stabilitas harga sudah di depan mata. Mereka telah meletakkan dasar untuk langkah yang akan datang dalam pidato selama beberapa minggu terakhir, dan Gubernur Jerome Powell kemungkinan akan menyampaikannya secara lebih eksplisit setelah pertemuan kebijakan akhir bulan ini.

Di Asia, investor akan mewaspadai dampak dari pertemuan Pleno Ketiga China. Presiden Xi Jinping berjanji untuk menjadikan "pembangunan berkualitas tinggi" sebagai kekuatan pendorong negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia itu, menunjukkan sedikit tanda awal bahwa kepemimpinan tertinggi sedang bersiap untuk mengambil langkah-langkah besar guna meningkatkan permintaan atau menghentikan kemerosotan properti.

Data yang akan dirilis di wilayah Asia termasuk inflasi bulan Juni untuk Jepang, produk domestik bruto kuartal kedua untuk Malaysia, dan neraca pembayaran untuk Filipina.

Saham-Saham Kecil AS

Di AS, Russell 2000 naik lebih dari 10% hanya dalam beberapa hari, dengan sebagian besar reli terjadi setelah data inflasi yang lebih dingin pada Kamis yang mendukung spekulasi penurunan suku bunga.

Saham-saham kecil mencatat kinerja terbaik mereka dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang lebih besar dalam periode lima hari, ungkap Jim Bianco, pendiri firma riset yang sama dengan namanya, dalam postingan di X baru-baru ini. Dia melacak perbedaan antara Russell 2000 dan Russell 1000 sejak 1978.

Menurut Dan Wantrobski di Janney Montgomery Scott, "rotasi" baru-baru ini mendorong pasar yang lebih luas ke wilayah yang cukup overbought dalam jangka pendek. Hal ini, ditambah dengan kondisi berkepanjangan di area kepemimpinan yang membuat mereka rentan terhadap potensi konsolidasi dalam jangka pendek, catatnya.

"Ketika para pakar mulai mengikuti tren 'rotasi itu nyata', kami menyadari ancaman potensi  jebakan di masa depan," kata Wantrobski. "Rotasi ini berada dalam tahap awal, dan belum dapat dikonfirmasi sebagai tema investasi jangka panjang."

Bagi Lori Calvasina di RBC Capital Markets, memang ada beberapa awal yang salah - bahkan ketika valuasi dan penentuan posisi telah menyiapkan panggung untuk pergeseran ke kepemimpinan baru. Musim pendapatan akan menjadi "ujian utama" bagi perdagangan rotasi, catatnya baru-baru ini.

“Latar belakang untuk ekuitas AS tetap menguntungkan” dan “pertumbuhan pendapatan melebar,” kata ahli strategi ekuitas AS UBS termasuk David Lefkowitz dan Nadia Lovell. "Kami meningkatkan target harga S&P 500 akhir tahun menjadi 5.900" mengingat latar belakang yang 'konstruktif'".

Di komoditas, minyak sedikit lebih rendah pada perdagangan awal Jumat, sementara emas sedikit berubah.

(bbn)

No more pages