Logo Bloomberg Technoz

Visa: Dompet Digital Makin Geser Transaksi Tunai di Indonesia

Krizia Putri Kinanti
10 April 2023 18:26

Pelanggan memindai kode QR untuk pembayaran digital di warung makan di kawasan Sabang di Jakarta. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Pelanggan memindai kode QR untuk pembayaran digital di warung makan di kawasan Sabang di Jakarta. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Visa melakukan studi bertajuuk Consumer Payment Attitudes untuk memahami perilaku konsumen digital di Asia Tenggara. Studi baru ini memperlihatkan masyarakat Indonesia kian meninggalkan uang tunai dalam aktivitas transaksi dan makin mengandalkan layanan dompet digital.

Survei yang dilakukan pada 2022 ini melibatkan 1.000 konsumen di Indonesia. Adapun, demografi responden terdiri dari pria dan wanita berusia 18 tahun ke atas.

Dari hasil studi ini, Visa mengemukakan secara keseluruhan pembayaran melalui dompet digital telah mengambil alih pembayaran tunai di Indonesia. 

Secara terperinci, metode pembayaran nontunai yang paling banyak digunakan di Tanah Air a.l. dompet digital 93% serta kartu kredit dan debit 80%. Adapun, metode transaksi dengan uang tunai menckup sebanyak 84%.

“Uang tunai masih banyak digunakan di pasar, tetapi pembayaran nontunai seperti dompet digital dan kartu online terus meningkat dibandingkan dengan gelombang sebelumnya,” ujar Riko Abdurrahman, President Director of PT Visa Worldwide Indonesia, dalam buka puasa bersama, Senin (10/4/2023).

President Director of PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman. (Bloomberg Technoz/ Krizia Putri Kinanti)