Logo Bloomberg Technoz

ECB Tahan Suku Bunga di Level 3,75%

News
18 July 2024 22:53

Gedung ECB (Sumber: Bloomberg)
Gedung ECB (Sumber: Bloomberg)

Mark Schroers, Alexander Weber, dan Jana Randow - Bloomberg News

Bloomberg, Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) mempertahankan suku bunga tidak berubah setelah pemangkasan penting bulan lalu. Meski begitu, tidak ada banyak informasi mengenai rencananya karena investor dan ekonom bertaruh pada langkah lain di September. 

Suku bunga deposito dipertahankan di level 3,75% pada Kamis--seperti yang diperkirakan oleh 55 ekonom dalam survei Bloomberg. ECB menegaskan kembali bahwa biaya pinjaman akan tetap "cukup ketat selama diperlukan" untuk memastikan inflasi kembali ke 2%.

"Informasi yang masuk secara luas mendukung penilaian Dewan Pemerintahan sebelumnya mengenai prospek inflasi jangka menengah," katanya dalam sebuah pernyataan. "Pada saat yang sama, tekanan harga domestik masih tinggi, inflasi jasa meningkat dan inflasi umum kemungkinan akan tetap berada di atas target hingga tahun depan."

Sekali lagi, ECB mengatakan bahwa mereka tidak "berkomitmen pada jalur suku bunga tertentu," sambil menegaskan kembali "pendekatan yang bergantung pada data dan pertemuan demi pertemuan."