Logo Bloomberg Technoz

ECB Isyaratkan Penurunan Suku Bunga pada Pertemuan September

News
18 July 2024 21:56

Presiden ECB Christine Lagarde (Sumber: Bloomberg)
Presiden ECB Christine Lagarde (Sumber: Bloomberg)

Alexander Weber, Mark Schroers, dan Jana Randow - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) Christine Lagarde mengatakan pertemuan suku bunga berikutnya "terbuka lebar". Ia mengisyaratkan bahwa pemangkasan lain mungkin dilakukan karena para pejabat akan memiliki lebih banyak informasi tentang inflasi pada saat itu. 

"Pertanyaan tentang September dan apa yang kami lakukan pada September terbuka lebar dan akan ditentukan berdasarkan semua data yang akan kami terima," kata Lagarde pada Kamis (18/7/2024) setelah ECB mempertahankan suku bunga deposito pada level 3,75%.

Dia mengatakan para pejabat telah meneliti tiga elemen penting yang mendasari prospek inflasi mereka-- pertumbuhan upah, margin laba perusahaan, dan produktivitas--dan akan "memiliki lebih banyak lagi dalam beberapa minggu dan bulan mendatang."

"Jika data tersebut benar-benar mengonfirmasi proses disinflasi yang sedang berlangsung saat ini, hal itu akan memperkuat kepercayaan diri kami" untuk mengembalikan pertumbuhan harga konsumen ke target 2% di akhir tahun 2025, seperti yang saat ini diperkirakan, kata Lagarde kepada para wartawan di Frankfurt.