Logo Bloomberg Technoz

Menperin Agus Gumiwang Minta Harga Mobil Jangan Naik

Pramesti Regita Cindy
18 July 2024 18:40

Pekerja melakukan sentuhan akhir pada Toyota Avanza di area finishing pabrik perakitan PT Astra Daihatsu Motor./Bloomberg-Dadang Tri
Pekerja melakukan sentuhan akhir pada Toyota Avanza di area finishing pabrik perakitan PT Astra Daihatsu Motor./Bloomberg-Dadang Tri

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meminta kepada produsen kendaraan roda empat tidak menaikkan harga jualnya terlebih dahulu. Alasannya daya beli masyarakat yang kian lesu.

Agus di sela-sela pembukaan pembukaan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di Tangerang, menambahkan permintaan untuk tidak menahan harga karena berkaca dari nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

"Kami minta untuk tidak atau untuk menahan diri, untuk kenaikan harga yang tadi saya sampaikan karena ada beberapa faktor yang harus dilihat sebagai pertimbangan. Jadi kita minta di tahan dulu untuk menaikkan harganya," jelas Agus, Kamis (18/7/2024). 

Dalam kesempatan yang sama, Agus juga menuturkan bahwa pemerintah berencana memperluas program insentif ke kendaraan-kendaraan ramah lingkungan, seperti Low Cost Green Car (LCGC).

Dalam kaitan tersebut, sebelumnya Kemenperin pun juga telah mengeluarkan kebijakan mengenai mobil murah dan ramah lingkungan sebagaimana tertuang dalam Permen Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau.