Logo Bloomberg Technoz

Parlemen Israel Loloskan Resolusi Tolak Kemerdekaan Palestina

News
18 July 2024 19:00

Bendera Palestina (Sumber: Bloomberg)
Bendera Palestina (Sumber: Bloomberg)

Galit Altstein - Bloomberg News

Bloomberg, Parlemen Israel meloloskan sebuah resolusi yang menyatakan penentangan resmi terhadap pendirian negara Palestina merdeka. Mereka memperingatkan bahwa negara tersebut dapat menjadi basis bagi kelompok-kelompok teroris.

"Knesset dengan tegas menentang pendirian negara Palestina di sebelah barat sungai Yordan," kata badan legislatif itu dalam resolusi tersebut, yang diadopsi dalam sebuah sidang di Yerusalem, Kamis (18/7/2024) pagi, dengan dukungan 68 dari 120 anggotanya.

Sekitar tiga perempat dari anggota Perdamaian Bangsa-Bangsa (PBB) telah menyatakan dukungan mereka untuk, atau pengakuan atas, kenegaraan Palestina--Spanyol, Norwegia, dan Irlandia bergabung sebagai pendukung kemerdekaan Palestina pada Mei.

Meskipun prospek untuk hidup berdampingan secara damai dengan Israel terlihat semakin kecil mengingat perang yang berkecamuk di Jalur Gaza, beberapa sekutu Israel mengatakan bahwa solusi dua negara--yang telah didiskusikan selama beberapa dekade--adalah solusi yang dibutuhkan untuk memajukan perdamaian di Timur Tengah.

Peta negara pendukung Israel dan Palestina. (Dok: Bloomberg)